Tuesday, July 31, 2018

Sejarah Android

Hai sobat,kali ini admin mau ngebahas tentang Android nih,ya,sejarah android sangatlah mengesankan sobat untuk diketahui Siapa ya yang belum mengetahui sistem operasi android? Sudah hampir setiap orang di dunia ini sudah memakai ponsel pintar(smartphone) dengan dilengkapi sistem operasi kepunyaan Google Android yang satu ini kan?.



Yang jadi pertanyaannya adalah, apa kalian semua tahu akan sejarah dari perancangan sistem operasi Android sampai terkenal sekarang ini? Siapakah Perancangnya? Dan apa sobat tahu jika sebenarnya bahwa sistem operasi Android dahulunya bukanlah milik Google?


Sejarah Dirancangnya Android
Ya untuk sobat yang belum tahu dan masih penasaran akan sejarah terbentuknya sistem operasi Android, perusahaan perancangnya, dan siapakah orang di balik suksesnya akan sistem operasi smartphone yang paling terkenal di dunia ini, atikel ini sangat cocok untuk kalian baca dan kalian pahami,serta untuk menambah wawasan kalian sobat. Yuk, langsung disimak ya!.


Sejarah Tentang Android


Sebelum Android menjadi milik Google, sistem operasi android adalah operating system yang dirancang oleh sebuah perusahaan yang dikenal dengan nama Android, Inc. perusahaan ini didirikan di  daerah Palo Alto, California.pada bulan Okt 2003 oleh beberapa orang yang bernama Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White.
Perusahaan sistem operasi android ini sendiri memang sudah dari awal telah didukung secara finansial oleh perusahaan Google dan sebelum akhirnya dibeli oleh perusahaan Google pada tahun 2005. Walaupun sistem operasi Android ini  sudah dibeli oleh perusahaan Google,akan tetapi para pendiri perusahaan Android, seperti Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan.


Dan pada tahun 2007, perusahaan ini merilis sebuah sistem operasi awal Android ditandai dengan didirikannya (OHA) untuk bekerja dan untuk melakukan pengembangan yang standar yang terbuka untuk seluler. Pada saat tahun 2008,Dan  perusahaan ini merilis HTC dream, smartphone pertama yang memakai sistem operasi yang dikenal dengan nama Android.Pada awalnya Android bukanlah dirancang untuk smartphone.



Meskipun sekarang perusahaan Android telah sukses dan terkenal serta digunakan oleh vendor-vendor smartphone untuk digunakan sebagai penunjang kinerja produknya,akan tetapi awalnya sistem operasi Android hanyalah digunakan untuk kamera digital sobat.Dan akhirnya,Android ini sadar, pasaran untuk perangkat ini tidak besar, android inipun akhirnya tujuannya dialihkan. meskipun masih ada kamera digital yang menggunakan sistem android.


Setelah sejarah itu,sistem operasi Android akhirnya dirancang untuk bisa menyaingi sistem operasi Symbian dan Windows Mobile. Dan, agar informasi tentang sistem operasi android ini tidak bocor kepada semua saingannya,developer sistem operasi android ini dirancang dan dilakuan secara sembunyi-sembunyi,meskipun para developer dari sistem operasi android  sendiri adalah para pakar teknologi yang berpengalaman dan berkualitas akan dunia teknologi.


Andy Rubin juga adalah sebagai pria yang sangat berjasa dalam perkembangan sistem operasi Android ini.Sobat juga dianjurkan untuk tahu,bahwa perjuangan Andy Rubin harus ditiru.

Nasib Para Perancang Android

Meskipun para perancang sistem operasi Android akhirnya ikut serta bekerja ketika Android dibeli oleh Google,dan pada akhirnya mereka semua mengundurkan diri dari perusahaan. Lalu bagaimana nasib mereka?.


Rich Miner memang tidak sepenuhnya keluar dari tim perusahaan Android beberapa waktu setelah perusahaan Android Inc. dimiliki oleh perusahaan Google, Rich akhirnya bergabung dengan tim Google Ventures di bulan March 2009 dan berkantor di Cambridge, MA.


Andy Rubin sendiri yang telah mendirikan Android Inc. dan akhirnya keluar dari perusahaan Google setelah menduduki beberapa posisi yang penting, seperti SVPoMaDC, dan menjadi kepala proyek baru perusahaan Google. Pada bulan Okt 2014, akhirnya Andy keluar pada bulan Nov 2017, Rubin telah mengumumkan perusahaan baru smartphone miliknya yaitu perusahaan bernama Essential.

Versi-Versi dalam Android

Berikut ini menunjukkan beberapa versi Android yang telah dirilis oleh perusahaan Android dari versi yang pertama hingga versi Android terbaru yang mungkin saja belum sobat semua menggunakannya.Berikut Versi Android Dari Yang awal hingga versi terbaru:


•1.0AstroBoy 23 September
•20081.1 Bender-1.5Cupcake Mei
•20091.6Donut September
•20092.0-2.1Eclair 26 Oktober
•20092.2Froyo 20 Mei
•20102.3Gingerbread 6 Desember
•20103.1Honeycomb10 Mei 20114.
•0.3IceCream Sandwich 16 Desember
•20114.1.xJelly Bean 9 Juli
•20124.4KitKat 31 Oktober
•20135.xLollipop 15 Oktober
•20146.0 Marshmallow 10 Agustus
•20157.0 Nougat 22 Agustus
•20168.0 Oreo 21 Agustus 2017


Bagaimana cukup menarik bukan sejarah tentang Android?,jadikan itu sebagai motivasi untuk sobat semua,sekian dulu ya,bye.

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon