Sejarah Internet

Sejarah Internet



 Hi sobat sitier ,Sudah lama admin tidak posting berbagai ilmu pengetahuan ya? ,Hehe admin agak sibuk sekarang ,kebetulan sekarang admin ada waktu luang maka dari admin pada postingan kali ini admin mau membahas tentang ensiklopedia ,salah satunya "Sejarah Internet".kalian pengguna internet sudah tahu sejarah Internet? Atau hanya asal menggunakan saja tapi tidak tahu asal usul internet? Hahaha sama .


 Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika serikat, internet adalah singkatan dari Interconnection networking.internet dibentuk pada tahun 1969 oleh badan pertanahan Amerika serikat,melalui proyek lembaga "ARPA",,ARPA juga mengembangkan jaringan yang diberi nama "ARPANET" singkatan dari "Advanced Research Project Agency Network".Dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan Hardware dan Software Komputer yang berbasis Unix.
 Tujuan awal membentuk Internet adalah untuk keperluan Militer Amerika Serikat.Jadi pada saat itu internet tidak bisa digunakan oleh sembarang orang,karena awal dibentuk hanya untuk Militer Amerika serikat,wajar saja ya kalo militer Amerika lebih unggul :D.Pada saat itu Departemen pertahanan Amerika serikat membangun sebuah Sistem Jaringan Komputer,yang tersebar dengan menghubungkan komputer-komputer,di daerah vital guna mengatasi masalah adanya serangan nuklir,Maklum saja pada zaman itu  perang masih ada yang terjadi,lebih baik mencegah daripada mengobati benar?,Dan untuk menghindari informasi terpusat bila terjadi serangan agar sangat mudah untuk diatasi.


 Pertama kali arpanet cuma menghubungkan 4 situs yaitu"sri,uoc,sb,uou" itu keempat situs yang dihubungkan  arpanet, membentuk 1 jaringan terpadu tahun 1969.kemudian, secara umum ARPANET diperkenalkan kepada publik pada Oktober 1972,3 tahun setelah ARPANET dibentuk :D.Tidak lama kemudian Proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan banyak universitas,bahkan semua universitas  tersebut ingin bergabung.Sehingga Membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
 Akibatnya dipecah menjadi dua "milnet & new aRPANEt".mILNEt digunakan untuk keperluan Militer saja,dan New ARPANET untuk keperluan Non-Militer seperti Universitas-universitas.Gabungan dari kedua Jaringan akhirnya dikenal dengan nama "DARPA Internet" yang disederhanakan menjadi "Internet".
 Sebelum internet Muncul,sebenarnya sudah ada Komunikasi digital salah satunya "Telegraf" yang sering dianggap sebagai pendahulu "Internet",baru tahu ya kalo internet juga punya Ayah? :D.


 teknologi ini muncul pada abad ke-19, lebih dari 100(seratus tahun)sebelum internet dirancang,dipakai secara luas tahun 1990.sistem telegraf terancang dari konsep  sebelum teknologi modern diciptakan.Yaitu konsep pengiriman Data melalui media elektromagnetik,seperti radio dan kabel.
 di zaman selanjutnya ilmuwan seperti Claude Shannon,Harry Nyquist dan Ralph Hartley.Mengembangkan teori transmisi data dan informasi,yang menjadi dasar bagi banyak teori pada bidang ini.Perkembangan terjadi antara lain,dalam bentuk jangkauan  cukup luas,dan speed naik,tetapi kesulitan terjadi oleh hubungan antara 2 alat communication tersebut mesti terjadi fisik,misal menggunakan kabel.sistem ini pastinya tidak akan aman,karena bisa saja diputus dengan mudah,khususnya saat terjadi perang.
 Maklum saja karena pada saat itu teknologi tidak secanggih pada zaman sekarang ini,akan tetapi itu adalah langkah awal untuk menuju modern,jika hal itu tidak terjadi kemungkinan besar teknologi tidak akan ada di dunia ini.
Pantas saja Amerika lebih unggul dibidang teknologi,ternyata asal usul teknologi dari Amerika untuk secara umum.


 Maka daripada itu kita harus menggunakan internet dengan bijak ya sobat,dan hargai para ilmuwan dalam hal temuannya yang mereka perkenalkan untuk kita rasakan dan gunakan di zaman sekarang.
Sekian artikel kali ini,semoga menambah wawasan sobat Sitier .
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal