Sunday, August 12, 2018

Apa itu Blue Screen Death?

Pengertian Blue screen of Death



Hi sobat,Pada kesempatan kali ini admin mau membahas tentang "Blue Screen of Death",ya kejadian ini merupakan kejadian yang sangat mengesalkan dan menjengkelkan bagi semua orang yang memiliki komputer atau personal computer (PC).


Sobat sudah tahu Blue Screen of Death apa aja saja yang sering terjadi?,dan apakah sobat penasaran tentang pengertian Blue Screen?,oke langsung simak aja ya sobat.

Blue Screen Death


Apa itu Blue Screen of Death?,Blue screen of Death merupakan kejadian dimana ada salah satu hardware komputer(personal computer),yang rusak atau tidak bekerja dengan semestinya.Hardware tesebut mengalami kerusakan atau mungkin saja sudah waktunya untuk mengganti hardware tersebut dengan hardware yang baru.Blue screen memperingatkan juga bahwa ada hardware yang semestinya harus diganti atau diperbaiki oleh pengguna komputer agar bisa mengoperasikan komputer dengan baik atau mengoperasikan komputer dengan normal(biasanya).

Blue Screen of Death juga akan memberitahu hardware apa saja yang mengalami kerusakan atau ketidak berfungsinya sebuah Hardware dengan memunculkan layar biru disertai dengan kode-kode yang perlu diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.Kode-kode itu dapat berupa angka,dan huruf.Maka daripada itu sebaiknya pengguna komputer harus menghafal atau mengetahui kode tersebut,agar nantinya dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi.


Blue Screen of Death terjadi ketika sedang menghidupkan sebuah komputer,dan akan memunculkan sebuah layar disertai dengan tulisan dan ditambah dengan kode-kode hardware.

Kemungkinan besar hardware tersebut(yang dianggap rusak oleh sistem komputer) mengalami kerusakan alami,artinya sudah sepatutnya untuk diganti dengan yang baru atau diperbaiki(jika sobat bisa memperbaikinya).Atau bisa juga terjadi kerusakan pada hardware tersebut karena perbuatan si pengguna komputer itu.


Hardware atau perangkat keras yang dianggap rusak oleh sistem komputer bisa juga rusak karena terlalu sering dipekerjakan atau terlalui melampaui batas pemakaian.dan hardware tersebut bisa juga rusak karena kurangnya perhatian si pengguna komputer untuk melihat atau mengecek hardware tersebut apakah rusak atau tidak.

Blue screen of Death terjadi ketika sedang menghidupkan sebuah komputer dan secara tiba-tiba Komputer (personal computer) tidak bisa dioperasikan.Melakukan restart saja tidak bisa,dan si pengguna komputer terpaksa untuk mematikan komputer secara kasar(sering terjadi ketika sedang mengalami blue Screen Death).Ketika itu komputer mengalami mati sebelum dioperasikan dengan normal.


Ada beberapa blue Screen of Death yang kadangkala terjadi di dunia ini.Apa saja blue Screen Death tersebut? Berikut beberapa jenis blue Screen Death yang terjadi di dunia ini.

1.NTFS_FILE SYSTEM_ atau FAT_FILE_SYSTEM (0x00000024) atau (0x00000023).


Kode ini merupakan pesan yang ditujukan kepada pengguna bahwa ada salah satu hardware komputernya yang mengalami kerusakan.Perngkat keras apakah yang rusak tersebut?,perangkat keras itu bernama kabel konektor Hardisk Drive,baik dari yang SATA maupun yang IDE.Kabel itu adalah kabel yang terhubung dengan motherboard menuju ke hardisk.

2.IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0x0000000A)


Kode ini merupakan pesan yang ditujukan kepada pengguna komputer untuk memberitahu bahwa ada perangkat keras yang rusak pada bagian VGA card,dan Sound card.Kode ini memberitahu bahwa driver tersebut tidak bekerja dengan semestinya atau dengan normal.Kode ini juga memberitahu bahwa adanya kesalahan dalam menginstall driver,atau tidak sesuainya menginstall driver untuk perangkat keras komputer.

3.UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0x0000007F)


Yang ketiga adalah kode yang ditujukan untuk memberitahu kepada pengguna bahwa ada hardware yang mengalami kesalahan pada konfigurasi,atau konfigurasi tersebut melebihi konfigurasi standar.Seperti Over clock Memory,over clock VGA,dan prosessor sehingga mengalami panas yang tinggi atau tidak wajar melebihi kemampuan perangkat keras komputer tersebut.

4.STOP 0x0000008E CODE


Dan yang terakhir adalah pesan yang ditujukan kepada pengguna komputer untuk memberitahu bahwa adanya kesalahan atau rusaknya memory.Ini kadangkala terjadi ketika menginstall ulang komputer dan ketika sudah selesai Menginstall komputer mati atau memunculkan pesan diatas maka sobat silahkan cek Perangkat keras Random Access Memory yang terpasang pada komputer atau laptop yang sobat miliki.



Itu tadi adalah penjelasan tentang Blue Screen Death dan jenis-jenis Blue Screen Death yang sering terjadi dan dialami oleh para pengguna komputer pada zaman sekarang ini.Jika sobat mengalami salah satunya maka sobat sesegera mungkin untuk mengganti atau memperbaiki komponen tersebut (yang dianggap rusak oleh sistem komputer).Maka daripada itu admin menganjurkan sobat dan para pengguna komputer untuk merawat komponen-komponen yang terpasang pada komputer atau laptop sobat,jangan sampai barang yang sobat miliki mengalami kerusakan yang membuat sobat rugi.Karena membeli barang itu kadangkala susah,jadi rawatlah barang-barang yang sobat punya agar tidak cepat rusak.Cukup sampai disini dulu pembahasan tentang Blue Screen Death,sampai jumpa.

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon