Apa itu ROM?

Pengertian tentang ROM



Apakah sobat memiliki sebuah PC(personal computer) atau Komputer dirumah sobat?.Jika sobat memiliki sebuah komputer atau personal computer ,pastinya komputer tersebut ada perangkat keras yang bernama CPU(central processing unit).Lalukah sobat pernah melihat komponen-komponen apa saja yang ada didalam CPU?.


Komponen perangkat keras yang satu ini mungkin saja sudah pernah sobat dengar atau mungkin saja sobat baru mendengarnya.Nama dari komponen perangkat keras komputer yang akan admin bahas pada artikel kali ini adalah ROM singkatan dari Read Only Memory.ROM tentunya berbeda dengan tetangganya yang sering disebut dengan nama RAM atau singkatan dari Random Access Memory.

Penasaran apa yang dimaksud dengan ROM(Read Only Memory)?.Oke langsung simak aja ya sobat ulasan artikel berikut ini.

Penjelasan tentang ROM(Read Only Memory)


ROM atau singkatan dari Read Only Memory merupakan sebuah komponen perangkat keras komputer yang sangat diperlukan dan harus dimiliki oleh setiap pengguna komputer,agar Komputer tersebut berjalan dengan baik dan normal.ROM terletak di dalam CPU(Central processing unit).

ROM dikategorikan sebagai salah satu perangkat keras komputer yang bekerja untuk membantu kinerja sebuah komputer dalam bidang memory.Walaupun demikian ROM tidak serupa dengan RAM(Random Access Memory),karena ROM(Read Only Memory) isinya hanya bisa dibaca saja oleh si pengguna komputer itu sendiri.


Dalam menyimpan sesuatu ROM(Read Only Memory) dapat menyimpan itu secara permanen,atau tidak akan hilang sebelum dihapus oleh pengguna komputer itu sendiri.ROM(Read Only Memory) juga memiliki ukuran yang kecil dan tidak banyak memakan tempat ketika dipasang.Walaupun memiliki ukuran yang kecil Read Only Memory (ROM) memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja sebuah komputer,agar personal computer (PC) dapat bekerja dengan baik dan normal.

Read only memory (ROM) merupakan perangkat keras komputer yang berupa chip memory semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja.


Atau bisa disebut juga dengan definisi yang lain adalah ROM sebuah perangkat keras komputer yang terpasang di dalam sebuah central processing unit komputer,yang isinya berupa data.Dan data yang disimpan dalam read only memory tidak mudah hilang atau tidak mudah diubah-ubah walaupun sumber arus listrik sudah mati.Read only memory juga bersifat permanen,jadi jika sobat menyimpan File atau data didalam Read Only Memory (ROM) kemungkinan besar akan aman,dan tidak mudah hilang atau tidak mudah diubah-ubah walaupun sumber arus listrik mati.


Cara kerja sebuah Read Only Memory


Fungsi Read Only Memory (ROM) adalah sebagai media penyimpanan Firmware,atau banyak pengguna komputer yang menyebut dengan nama Software (perangkat lunak komputer). Firmware atau Software juga berhubungan erat dengan hardware,seperti BIOS,Basic input output system(BIOS) dapat dieksekusi dengan cepat,tanpa butuh waktu untuk menyalakan perangkat media penyimpanan lainnya terlebih dulu,ya seperti yang terjadi pada umumnya terjadi pada perangkat penyimpanan lain.Meskipun data yang tersimpan di dalam Read Only Memory hanya bisa dibaca saja akan tetapi data tersebut bisa ditulis ulang oleh si pengguna komputer.

Jenis-jenis Read Only Memory


Ada banyak sebenarnya dari jenis perangkat keras komputer yang satu ini sobat,admin akan menyebutkan beberapa jenis dari Read Only Memory.Diantaranya adalah yang sering dipakai atau banyak diketahui orang banyak yaitu Mask Read Only Memory,PROM(Programmable Read Only Memory),EPROM(Erasable Read Only Memory),EAROM(Electrically Alterable Read Only Memory),dan lain-lain.

Oke itu tadi adalah penjelasan sedikit tentang Read Only Memory yang terpasang pada sebuah komputer,Read Only Memory (ROM) memang menjadi sebuah komponen yang sangat dibutuhkan oleh personal computer.Karena jika tidak dipasang Read Only Memory maka kinerja komputer akan terasa aneh atau tidak bisa dioperasikan dengan semestinya.Jadi buat sobat yang ingin sekali membeli sebuah komputer,maka sobat harus memperhatikan Perangkat keras ROM ini,pilihlah yang menurut sobat bagus agar kinerja komputer yang sobat punya memiliki kinerja yang bagus pula.Oke cukup sekian,sampai jumpa.
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal