Cara memberikan IP address pada Debian 6


Setting IP address di Debian 6



Oke sobat,selamat datang di Rachtroper.Sebuah blog yang membahas tentang teknologi informasi dan Ensiklopedia bebas,artikel kali ini admin akan bahas tentang "Cara memberikan IP pada Sistem Operasi Debian 6".Pada artikel kali ini tentunya sobat diharuskan untuk menginstall sistem operasi Debian 6 terlebih dahulu agar prosesnya tidak terlalu rumit,jika sobat merasa atau mungkin belum tahu tentang cara meng-install sistem operasi Debian 6, insyaallah admin akan membahasnya pada artikel berikutnya.

Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas mengenai pengertian tentang IP address.Jika sobat belum tahu sama sekali tentang IP address,sobat langsung kunjungi dan pelajari artikel sebelumnya.Jika sobat sudah tahu tentang IP address,kita langsung saja pada topik pembahasan kali ini sobat,yuk simak!

Sebelum mengatur atau memberikan IP address pada komputer sobat yang sudah terinstall sistem operasi Debian 6,sobat diharuskan tahu sedikit tentang command atau syntax pada sistem operasi Debian yang akan di operasikan di terminal.

•Oke langkah pertama yang sobat harus lakukan adalah Login terlebih dahulu kedalam sistem operasi Debian 6 sobat.setelah itu sobat buka terminal Debian 6(bila sobat menginstall Debian 6 berbasis Graphical User Interface).Jika sobat menginstall Sistem operasi Debian 6 berbasis Text,sobat tidak harus menjalankan terminal secara manual,karena yang berbasis Text sudah langsung menjalankan terminal otomatis.Pada kali ini admin menggunakan sistem operasi berbasis Text.Lihat gambar dibawah ini.


•Langkah yang kedua,sobat cek terlebih dahulu apakah IP address sistem operasi Debian 6 yang sobat pakai sudah diberi IP address ataukah belum?,inilah perintahnya,"ifconfig"lalu enter, tanpa tanda petik.jika eth Debian 6 sobat menunjukan angka 127 berarti IP address nya masih default atau belum diberikan IP oleh user baru,lihat gambar dibawah ini.


•Langkah yang ketiga,sobat berikan IP address pada sistem operasi Debian 6,dengan perintah "ifconfig eth0 192.168.88.1 netmask 255.255.255.0 up".lalu enter,jika ada tulisan "eth0:eror" silahkan sobat ganti angka 0 dengan angka 1 bila masih eror ganti lagi dengan angka 2 dan seterusnya,untuk IP addressnya silahkan sobat sesuaikan dengan selera,pada kali ini admin gunakan IP address yang kelas C.lihat gambar dibawah ini.


•Jika sobat sudah memberikan IP address,silahkan cek IP address dengan perintah"ifconfig".lalu enter,itu tadi perintah memberikan IP address yang sementara,artinya jika sobat melakukan booting ulang,maka IP address tersebut akan hilang,tapi tenang untuk memberikan IP address secara permanen menggunakan perintah "nano /etc/network/interfaces" lalu enter,lihat gambar dibawah ini.



•Kalian edit konfigurasi IP default dengan menambahkan beberapa konfigurasi ini perintahnya.
"auto eth0
iface eth0 inet static
           address 192.168.88.1
           netmask 255.255.255.0"
Lalu tekan ctrl+X dan tekan Y,jangan pernah menghapus "auto loopback" karena akan menyebabkan eror.lihat gambar dibawah ini.


•Jika sobat sudah melakukan beberapa konfigurasi diatas silahkan sobat restart networknya,dengan perintah "/etc/init.d/networking restart" lalu enter,jika tidak ada tulisan eror maka konfigurasi berhasil,bila ada masalah eror pada eth0 silahkan sobat ganti eth0 dengan eth1 dan seterusnya.lihat gambar dibawah ini.



Selesai,sobat sudah melakukan konfigurasi IP address pada sistem operasi Debian 6 berbasis Text atau GUI.itulah Cara menambahkan IP address pada sistem operasi Debian 6 berbasis Text atau GUI.semoga bermanfaat untuk sobat semua,sampai jumpa pada artikel berikutnya.

DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal