Saturday, August 11, 2018

Cara menghubungkan Mikrotik ke internet dengan Virtualbox

Tutorial Menghubungkan OS di virtual box dengan internet



Sobat semua pastinya sudah pernah menggunakan jasa salah satu provider untuk mendapatkan akses internet bukan?, bagaimana perasaan sobat ketika mendapatkan akses internet?,pastinya sobat senang.

Lalu apakah sobat memiliki sebuah laptop atau komputer?,jika sobat punya laptop atau PC,pastinya laptop atau komputer sobat sudah terinstall sistem operasi bukan?.Jika sudah pasti sobat akan lebih mudah untuk mendapatkan akses internet,karena tanpa sebuah sistem operasi sobat pasti kesulitan mendapatkan akses ke internet.

Lalu apakah sobat sudah tahu tentang sistem operasi yang terinstall didalam sistem operasi?,ya sistem operasi tersebut terinstall didalam sistem operasi.Jadi sobat seolah-olah memiliki 2 sistem operasi.Bila ada sobat yang belum tahu bagaimana caranya menginstall sistem operasi didalam sistem operasi,maka sobat bisa menggunakan software virtual box untuk melakukannya.Di dalam blog ini sudah ada Tutorial menginstall sistem operasi di virtual box.

Apakah sobat sudah bisa menginstall sistem operasi di virtual box?,admin mengganggap sobat sudah bisa melakukannya.Apakah sobat ingin sistem operasi yang terinstall di virtual box mendapatkan akses ke internet?,jika memang ingin mendapatkan akses ke internet,yuk simak langsung ulasan artikel berikut ini.

Langkah-langkah mendapatkan akses ke internet dengan menggunakan OS virtual box.

Dalam tutorial kali ini admin menggunakan Mikrotik untuk berbagi akses internet kedalam OS yang terinstall di virtual box.Mikrotik berperan sebagi guest,jadi topologi jaringannya.


•Pertama silahkan hubungkan terlebih dahulu personal computer atau komputer yang sobat miliki ke internet,bebas ingin terhubung melalui WiFi/modem/hotspot.Admin sarankan memakai WiFi karena lebih mudah,silahkan sobat mencari WiFi yang berada didekat tempat tinggal sobat.

•Jika sudah berhasil terhubung dengan internet,maka personal computer atau komputer yang sobat miliki akan mendapatkan IP address yang diberikan secara otomatis,anggaplah IP address yang komputer sobat miliki adalah 10.10.10.2/24 dan netmask 255.255.255.0.

•Masuk ke pengaturan network and sharing center.Bila tidak tahu bagaimana cara masuk ke pengaturan network and sharing center,admin akan memberi tahu sobat.Caranya
 1.Klik start→Lalu ketik "Network and sharing center".tanpa tanda petik.
 2.sobat ke pojok kanan bawah lalu cari ikon berbentuk seperti monitor,lalu sobat klik kanan dan klik network and sharing center.


•silahkan sobat ikuti langkah berikut:
 1.klik wireless network connection.(jika terhubung ke internet dengan WiFi).
 2.Klik properties.
 3.Klik tab Sharing.
 4.Ceklis Allow other.
 5.Lalu pilih virtual box host-only network.
 6.selanjutnya klik saja ok.

•oke sudah berhasil memberikan IP address pada sistem operasi yang terinstall di virtual box,maka secara otomatis IP address sistem operasi yang terinstall di virtual box host-only adapter adalah 192.168.100.2/24.Pada langkah ini sebenarnya sudah selesai,oke kita cek saja apakah virtual box sudah terhubung dengan internet?,langsung test PING saja ke Mikrotik.


•Jika muncul tulisan TTL maka konfigurasinya berhasil,jika yang muncul adalah RTO maka matikan dulu windows firewallnya sobat.

•Lalu coba test PING ulang,jika muncul TTL maka berhasil sebaliknya jika yang muncul adalah RTO maka konfigurasinya belum berhasil.

•Jika sudah muncul tulisan TTL langkah selanjutnya adalah lakukan test PING ke 8.8.8.8.


•Jika ada yang belum terhubung ke internet maka sobat perlu menambahkan konfigurasi gateway.

•Ini adalah perintah untuk melakukan konfigurasi gateway "ip route add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.100.2".lalu enter,ingat tanpa tanda kutip.



admin akan jelaskan sedikit:
 a.0.0.0.0/0 itu adalah untuk mewakili semua tujuan IP address.
 b.192.168.100.2 adalah IP address host.

•Oke lakukan test PING ulang ke 8.8.8.8



•Jika muncul tulisan TTL maka konfigurasinya berhasil jika yang muncul adalah RTO maka ulangi lagi dari awal sampai sobat berhasil.

•Selesai.sampai disini router mikrotik sudah terhubung dengan internet.

Bagaimana cara menghubungkan sistem operasi yang terinstall di virtual box ke internet mudah bukan?,jika sobat merasa belum terhubung juga ke internet maka sobat perlu melakukan konfigurasi tambahan yaitu mengkonfigurasi DNS,admin akan membahasnya pada artikel berikutnya.sampai jumpa sobat.

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon