Cara menghubungkan windows dengan Debian di virtual box

Tutorial Menghubungkan Windows dengan Debian server di Virtual Box


Hi sobat,kalian pasti sudah tahu kan apa itu Debian? yups Debian adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengadministrasi server jaringan atau bisa juga dijadikan sistem operasi biasa saja,itu semua tergantung kepada si pengguna.

Debian juga termasuk kedalam keluarga Linux sobat,jadi Debian bisa dikatakan bebas dari virus kemungkinan besarnya ya sobat.Debian juga termasuk kedalam sistem operasi yang ringan sobat,jadi bagi sobat yang merasa spesifikasi laptop atau personal computer (komputer)nya rendah jangan putus asa,karena Linux masih ada.

Apakah sobat sudah tahu tentang Virtual Box?kalo sobat belum tahu mengenai Virtual box,nanti admin jelaskan apa itu virtual box pada artikel selanjutnya ya sobat.

Jika tentang sistem operasi windows apakah sobat sudah tahu?,pastinya sobat sudah tahu iya kan?,bagaimana tidak hampir semua orang Indonesia menggunakan sistem operasi windows.

Pada artikel kali ini bukanlah sistem operasi yang akan admin bahas, melainkan Tutorial menghubungkan sistem operasi windows dengan Debian server di virtual box.

Penasaran bagaimana caranya?,yuk langsung simak saja ya sobat.

Langkah-langkah Menghubungkan Windows ke Debian server

•Untuk langkah yang pertama silahkan sobat install terlebih dahulu sistem operasi Debian (bebas mau versi berapa) di dalam virtual box,nah untuk sobat yang belum tahu bagaimana cara meng-install sistem operasi Debian silahkan baca artikel sebelumnya,ada di blog ini.

•Langkah kedua silahkan sobat klik start atau mulai pada virtual box.Lihat gambar dibawah ini.


•Ketiga,silahkan sobat melakukan konfigurasi IP address pada sistem operasi Debian,belum tahu cara mengkonfigurasi IP address di sistem operasi Debian? Silahkan baca juga artikel sebelumnya ada di blog ini.Sebelum melakukan konfigurasi IP address pada sistem operasi Debian silahkan login terlebih dahulu menggunakan login root,ketikan perintah "root" tanpa tanda kutip.


•Masuklah kedalam Text editor, menggunakan perintah "nano /etc/network/interfaces" lalu enter,



•Pada langkah ini sobat harus memberikan IP address pada sistem operasi Debian,yang sangat penting adalah jenis IP address yang akan sobat berikan,gunakan IP address kelas C saja dengan /26,lalu sobat ganti "allow-hotplug" menjadi "auto",dan ubahlah "DHCP" menjadi "static".Untuk IP address isikan sesuai dengan keinginan sobat.Jika sudah tekan ctrl+x lalu tekan y.



•pada langkah selanjutnya,sobat diharuskan untuk me-restart network sobat,agar konfigurasi IP address yang sobat berikan bisa tersimpan, perintahnya"/etc/init.d/networking restart" lalu enter,ingat tanpa tanda kutip.



•oke sobat langsung masuk ke pengaturan,adapter setting,silahkan pilih yang IPv4 berikan IP address yang kelasnya sama dengan IP address yang sobat berikan pada sistem operasi Debian tadi.IP address yang harus sobat berikan haruslah berbeda dengan IP address yang sobat berikan pada sistem operasi Debian,contohnya:bila IP address Debian 192.168.26.1 maka IP address sistem operasi windows 192.168.26.2.Untuk subnet mask silahkan isi dengan 255.255.255.0.



•Ubahlah pengaturan network di virtual box Yang sudah terinstall sistem operasi Debian,pada "attached to" pilih yang "Host only adapter" lalu untuk yang "name" silahkan pilih yang "Virtualbox Host only ethernet adapter".Lalu klik ok.



•Pada langkah ini lakukan test PING kepada kedua sistem operasi tersebut,pertama PING dari windows ke sistem operasi Debian.Jalankan CMD lalu ketik ping 192.168.26.1 lalu enter,jika yang muncul adalah tulisan TTL maka konfigurasinya berhasil sobat lakukan.Jika yang muncul RTO berarti konfigurasinya belum berhasil,silahkan ulang dari awal sobat.



•Untuk langkah yang terakhir adalah lakukan test PING ke windows dari Debian yang telah diinstall di virtual box.Caranya sama saja seperti melakukan testing PING dari windows ke sistem operasi Debian.Ketikan perintah"ping 192.168.26.1" lalu enter.Jika berhasil maka akan muncul tulisan TTL juga sobat,jika konfigurasinya salah atau belum berhasil maka silahkan ulangi lagi dari awal ya sobat.



Itulah tadi Tutorial menghubungkan sistem operasi Debian ke windows dari virtual box, bagaimana mudah bukan?tenang bagi para pemula atau orang yang pertama kali melakukannya maka akan terasa sulit,lakukan cara diatas sampai sobat hafal.Sampai jumpa di artikel berikutnya.
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal