Tutorial instalasi OS Debian 6

Cara instalasi Debian 6 berbasis Text



Hi,pada artikel kali ini admin ingin memberikan sebuah tutorial,ya tutorialnya tentang instalasi sistem Operasi Debian 6,Instalasi sistem operasi Debian 6 tidaklah sulit sobat,karena pada dasarnya semua cara meng-install sistem operasi hampir sama saja,hanya ada beberapa langkah saja yang berbeda.Jadi jika sobat sudah menguasai Cara instalasi sistem operasi Debian 6,kemungkinan besar sobat sudah mampu menginstall sistem operasi yang lain-lain,misalnya sistem operasi kali Linux,Redhat,Debian 9,debian 8,windows 7,windows 8,windows 10,dan sistem operasi yang lainnya.

Debian merupakan sistem operasi yang open source(sumber yang terbuka).Sistem operasi Debian bebas mau kalian lakukan apa,karena Debian termasuk kedalam sistem operasi berjenis Open source (sumber terbuka).Jadi untuk sobat yang sangat senang merombak sistem operasi silahkan gunakan dan install sistem operasi Debian,atau Linux lainnya.Dan kalian tidak akan di denda,sistem operasi Debian juga bebas akan razia sistem operasi yang biasanya diadakan di bandara.sangat disarankan untuk menggunakan sistem operasi ini sobat.

Tapi apakah sobat sudah tahu tentang cara meng-install sistem operasi Debian 6?jika sobat belum tahu,kebetulan sekali sekarang admin mau membahas tentang instalasi sistem operasi Debian 6.Bagaimana caranya? Yuk simak langsung sobat.

Langkah-langkah menginstall Debian 6

Langkah yang pertama,silahkan sobat ambil DVD yang sudah diburning sistem operasi Debian 6,jika kalian belum tahu tentang cara burning File Sistem operasi ke dalam DVD nanti admin berikan tutorialnya di artikel selanjutnya.atau sobat juga bisa membeli DVD Debian 6 di toko-toko online.Lihat gambar dibawah ini.



Langsung masukkan saja DVD Debian 6 kedalam tempatnya.Lalu sobat Restart laptop atau komputer sobat,setelah itu sobat masuk ke menu BIOS,sobat ada yang belum tahu tentang BIOS? Oke nanti admin kasih tahu apa itu BIOS.

Jika sudah masuk ke menu BIOS silahkan sobat tempatkan CD/DVD pada urutan pertama,agar DVD terbaca pertama kali pada saat booting.lalu sobat save dengan menekan F10 lalu pilih yes.Jika sudah kalian tunggu hingga layar menunjukan tampilan pertama pada saat menginstall sistem operasi Debian 6.

Lanjut,sobat pilih yang install(untuk yang berbasis Text,dan Graphical User Interface,untuk yang mode GUI).kelebihan mode Text yaitu cepat pada saat menginstall.tekan enter untuk memilihnya,dan silahkan tunggu,lihat gambar dibawah ini.


Nah pada langkah ini,sobat diharuskan untuk memilih bahasa yang akan digunakan pada sistem operasi Debian 6,admin memilih bahasa Inggris sebagai bahasa default,jika sobat menginginkan bahasa yang lain silahkan pilih bahasa yang sobat inginkan.lihat gambar dibawah ini.


Pilih bagian daerah mana yang sobat inginkan,admin memilih bagian united states,lihat gambar dibawah ini.

Pilih keymap yang sobat inginkan,admin memilih American-english,lihat gambar dibawah ini.


Tunggu proses Scanning CD-ROM selesai,tenang pada langkah ini tidak terlalu lama sobat,jadi bersabarlah.


Tunggu proses Loading additional components,tidak lama juga sobat.tunggu saja ya.


Langkah ini silahkan isi sesuai yang sobat inginkan,admin memilih nama admin sebagai hostname Debian 6,lihat gambar dibawah ini.


Untuk domain name bisa kalian isi,tapi admin tidak mengisinya karena agar proses cepat selesai sobat.lihat gambar dibawah ini.


Silahkan sobat isi root password yang sobat inginkan,sebaiknya isi root password dengan password yang mudah diingat oleh sobat misal:123,lalu pilih continue,lihat gambar dibawah ini.


Masukkan kembali password yang sobat buat pada root password tadi sobat.


Isikan full the name for new user,terserah sobat ingin isi apa,yang jelas sobat suka nama itu,pada kali ini admin mengisi dengan nama admin.lihat gambar dibawah ini.


Sobat akan diminta untuk yakin oleh Debian 6,silahkan pilih continue jika sobat sudah yakin dengan nama username yang sobat pilih.lihat gambar dibawah ini.


Isikan password sesuai yang sobat inginkan,admin sarankan menggunakan password yang mudah diingat saja sobat.lihat gambar dibawah ini.


Lalu jika sobat sudah yakin maka sobat bisa langsung continue,jika belum go back.lihat gambar dibawah ini.


Tunggu proses setting up the clock,tidak lama juga sobat,sabar dulu ya.


Silahkan pilih zona waktu mana Yang sobat inginkan,admin memilih zona waktu eastern.lihat gambar dibawah ini.


Tunggu proses loading,tidak lama juga sobat.


Tunggu proses starting up partitioner.


Pada langkah ini,sobat diberi pilihan untuk mengatur partisi yang sobat inginkan,bisa dengan cara manual atau dengan cara yang sudah dibuat oleh sistem operasi Debian 6,admin memilih bagian paling atas yaitu "Guided-used entire disk".lihat gambar dibawah ini.


Lalu jika ada opsi lagi silahkan sobat tekan enter saja,agar mempercepat proses instalasi sistem operasi Debian 6.lihat gambar dibawah ini.


Oke pada langkah ini,sobat diberikan pilihan lagi,pilih saja "All files in one partition"karena ini direkomendasikan oleh sistem operasi Debian 6 untuk pengguna baru debian.lihat gambar dibawah ini.


Pilih "Finish partitioning and write change to disk",tekan enter saja sobat.


Lalu sobat akan ditanya,apakah sobat sudah yakin membuat perubahan pada hardisk? Jawab saja yes.


Tunggu proses "partitions formatting" hingga selesai,tunggu saja dulu.


Lalu tunggu lagi proses "install base system".tidak terlalu lama juga sobat.


Tunggu proses lagi sobat,Debian memang seperti ini ketika menginstall,sobat diharuskan bersabar.


Lalu jika sudah sobat akan ditanya bila ada CD atau DVD lain silahkan masukkan pada proses ini,nah kebetulan untuk mempercepat proses instalasi sistem operasi Debian 6 maka jawab saja "NO".lihat gambar dibawah ini.


Untuk network mirror pilih saja "NO".


Untuk bagian "participate ini the package usage survey" sobat pilih "NO" lagi.


 Pada bagian ini,berhubung admin memilih mode Text maka admin hilangkan mode Graphical User Interface,dengan cara pilih opsi Graphical User Interface lalu tekan spasi untuk menghilangkan bintangnya,jika sudah sobat langsung pilih continue.


Tunggu proses hingga selesai.


Untuk "install Group Boot Loader to the master boot record" sobat pilih "yes".


Tunggu proses penyelesaian hingga selesai.


Oke proses instalasi sistem operasi Debian 6 sudah sobat lakukan(selamat ya sobat).Nah pada langkah ini DVD sistem operasi Debian 6 yang sobat masukkan tadi akan keluar dari tempatnya secara otomatis,jangan takut sobat itu bukan ulah hantu akan tetapi robot atau sistemnya sendiri yang bekerja.pilih continue.lihat gambar dibawah ini.


Oke Debian 6 sudah terinstall maka akan langsung tampak ada tulisan Debian.lihat gambar dibawah ini.


Login menggunakan user yang sobat buat tadi,dan isikan password yang sobat buat tadi.oh iya untuk password ketika sobat ketik memang tidak akan muncul,tapi tenang saja itu sudah ada namun tidak kelihatan,sobat tekan enter saja bila sudah diketikkan password yang sudah sobat buat tadi.lihat gambar dibawah ini.


Oke selesai sudah proses instalasi sistem operasi Debian 6 yang sobat lakukan tadi.selamat ya sobat

Bagaimana dengan proses instalasi sistem operasi Debian 6? Sulit atau mudah sobat?tenang untuk pertama kali mungkin sobat merasa kesulitan tapi jika sobat terus menerus mengulangnya sobat akan merasa sangat mudah sekali.oh iya disitu admin menginstall menggunakan Virtual box,jadi admin tidak membutuhkan DVD untuk menginstall sistem operasi Debian 6,sampai jumpa pada artikel berikutnya sobat.
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal