Sunday, August 12, 2018

Urutan Kabel UTP bertipe straight dan crossover

Susunan straight cable dan crossover cable


Pernahkah sobat melihat sebuah kabel yang di pasang pada PC atau Komputer?,kabelnya berwarna biru atau abu-abu adalah kabel yang sering digunakan,kabel tersebut bernama UTP(unshielded twisted pair).Tahukah sobat tipe apa yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya?.

Kabel yang terpasang di komputer memiliki 2 tipe,yang pertama adalah straight cable dan yang kedua adalah tipe crossover cable.Kedua tipe ini berbeda fungsi namun hampir memiliki urutan yang sama satu dengan yang lainnya.

Silahkan sobat dekati kabel yang terpasang di komputer atau personal computer,lalu cabut dari port tersebut dan coba amati urutan warna pada kabel tersebut,apakah termasuk kedalam tipe straight cable atau crossover cable.

Tapi apakah sobat sudah bisa membedakan mana yang termasuk kedalam tipe straight cable dan mana yang termasuk kedalam tipe crossover cable,jika sobat ingin tahu perbedaan dari keduanya yuk simak saja langsung ulasan artikel berikut ini.

Perbedaan tipe straight cable dan crossover cable

Dari segi perbedaannya terdapat pada urutan warna dan fungsinya,coba lihat perbedaannya dibawah ini.

Straight cable


•Memiliki urutan warna yang serupa dengan ujung kabel masing-masing.
•berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda,misal personal computer dihubungkan dengan Mikrotik.
•Mudah di rancang.
•tampilan sederhana.

Dan Crossover cable

•Urutan warna disetiap ujung kabel berbeda satu dengan yang lainnya hanya beberapa ada yang sama.
•berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama,misalnya seperti menghubungkan komputer dengan komputer dalam jaringan LAN.
•Agak sulit dirancang karena butuh sedikit kreativitas dalam merancangnya.
•Tampilannya lumayan bagus.

Diatas adalah perbedaan dari tipe straight cable dan crossover cable.Karena sobat sudah mengerti perbedaan dari tipe straight cable dan crossover maka langkah selanjutnya,sobat harus mengetahui susunan warna dari tipe straight cable dan crossover cable.

Susunan warna tipe straight cable dan crossover cable.



Dari segi susunannya terlihat jelas perbedaan dari keduanya.Ya mungkin karena dari fungsi kedua kabel ini yang berbeda,yang tipe straight cable digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda dan yang tipe crossover cable digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama.Oke langsung saja masuk kedalam urutan warna kabel UTP tipe straight cable dan crossover cable.

Urutan warna kabel tipe straight cable



Ujung kabel pada bagian 1:

1.orange putih.
2.orange.
3.hijau putih.
4.Biru.
5.Biru putih.
6.Hijau.
7.coklat putih.
8.Coklat.

Ujung kabel pada bagian 2:

1.Orange putih.
2.Orange.
3.Hijau putih.
4.Biru.
5.Biru putih.
6.Hijau.
7.Coklat putih.
8.Coklat.

Itu tadi urutan warna kabel Unshielded twisted pair atau UTP yang bertipe straight cable.Dan untuk kabel yang bertipe crossover cable adalah sebagai berikut ini.

Urutan warna kabel Unshielded twisted pair yang bertipe crossover cable

Urutan warna pada bagian 1:

1.Orange putih.
2.Orange.
3.Hijau putih.
4.Biru.
5.Biru putih.
6.Hijau.
7.Coklat putih.
8.Coklat.

Urutan warna pada bagian 1 sama dengan urutan warna pada tipe straight cable.Dan untuk urutan warna pada bagian 2 sebagai berikut ini.



Urutan warna pada bagian 2:

1.Hijau putih.
2.Hijau.
3.Orange putih.
4.Biru.
5.Biru putih.
6.Orange
7.Coklat putih.
8.Coklat.

Itu urutan warna pada bagian 2.Berbeda bukan dengan urutan warna kabel tipe straight cable pada bagian 2?.

Diatas merupakan susunan atau urutan warna pada kabel tipe straight cable dan crossover cable.Terlihat bedanya pada bagian 2,dan urutan dari kabel yang bagian 2 pada tipe crossover cable agak sedikit berbeda dengan kabel bertipe straight cable.Tapi tenang saja hanya pindah posisi saja yang terjadi pada susunan warna kabel Unshielded twisted pair.Jadi sobat tidak perlu terlalu susah untuk menghafal susunan atau urutan warna kabel Unshielded twisted pair baik yang bertipe straight cable ataupun yang bertipe crossover cable.



Bagaimana sobat susunan atau urutan warna kabel Unshielded twisted pair yang bertipe straight cable dan yang bertipe crossover cable,apakah sobat melihat perbedaannya?.Pastinya sobat melihat perbedaannya dari kedua tipe kabel tersebut.Cukup sampai disini dulu pembahasan pada artikel kali ini.

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon