Saturday, September 8, 2018

Melihat suatu titik koordinat dengan Google map

Hei tayo eh maksud admin hei sobat hehe,bagaimana kabar sobat semua pastinya sehatkan?,Nah pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan tips dan tutorial bagaimana caranya melihat titik koordinat tempat yang sobat pijak.Tempat itu bisa berupa tempat tinggal sobat,atau jalan,perkampungan,pedesaan,kota,gedung,hotel,rumah makan dan lain lain.

Tapi bagaimana caranya agar kita tahu titik koordinat suatu tempat bila kita tidak mengerti rumus-rumus titik koordinat tersebut?,lalu apakah bisa sesuai dengan yang diinginkan?,apakah ada aplikasinya untuk mengetahui titik koordinat suatu tempat tersebut di android?.Yuk simak selengkapnya disini.

Titik koordinat suatu tempat memang sangat sulit untuk ditentukan dan admin sendiri pun belum mengerti bagaimana caranya hehe,akan tetapi di era modern seperti sekarang ini,sudah dimanjakan dengan adanya teknologi-teknologi yang berguna untuk memudahkan manusia dalam hal pekerjaannya dan berbagai kebutuhan lainnya.Semakin berkembangnya zaman maka kemajuan teknologi pun ikut berkembang dengan sangat pesat bahkan melebihi pemikiran manusia yang pernah dipikirkan.

Jika pada zaman sebelum datangnya dan terciptanya teknologi,manusia menggunakan alat-alat manual untuk menentukan titik koordinat yang kurang tepat,mungkin juga tepat.Cara cara tersebut dilakukan sesuai dengan ilmu pengetahuan manusia,walaupun titik koordinat tersebut benar akan tetapi kemungkinan besar akan mengalami kesalahan.Nah dengan datangnya teknologi maka manusia menjadi lebih mudah untuk menentukan suatu titik koordinat,bahkan dengan cepat teknologi mampu memberitahu titik koordinat tersebut.

Aplikasi atau software yang digunakan untuk mengetahui titik koordinat suatu tempat yang paling sering digunakan adalah "Google Map".Aplikasi ini mampu memberitahu pengguna android maupun komputer titik koordinat yang diinginkannya.Aplikasi ini sebenarnya sudah terpasang secara otomatis di smartphone yang sobat miliki.Akan tetapi ada beberapa smartphone yang belum memasang aplikasi ini,jadi sobat diharuskan untuk memasangnya secara manual(unduh di playstore).Ketepatan titik koordinat yang diberitahu oleh aplikasi ini bisa jadi tepat ataupun tidak(wajar saja karena ini rancangan manusia).

Aplikasi Google map mampu memudahkan manusia untuk mengetahui titik koordinat yang diinginkannya.Bagaimanakah caranya agar kita mengetahui titik koordinat yang kita inginkan? Berikut langkah-langkahnya.

•Pasanglah aplikasi yang bernama Google Map(bagi yang belum terpasang aplikasi Google map).Bagi yang sudah terpasang aplikasi Google map bisa melewati langkah ini.

•Lalu jika sudah ada aplikasi Google map maka langkah selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.


•Ketika pertama kali mungkin sobat akan diarahkan kepada titik berwarna biru(jika ada pemberitahuan untuk meminta izin,maka klik izinkan saja).Itu adalah titik sobat berada.


•Klik pada bagian kotak-kotak seperti buku(bagian pojok kanan atas dibawah lambang seperti speaker).

•Lalu ubahlah yang tadinya default menjadi satelit agar sobat lebih mudah menemukan rumah ataupun tempat yang sobat ingin tahu titik koordinatnya dan carilah tempat tersebut pada bar yang tertuliskan "Telusuri disini"

•Jika sudah di pilih bagian satelit maka sobat akan disuguhkan dengan gambar yang lebih nyata,dan sobat akan melihat ada banyak rumah pohon lahan,dan lain-lain.pilihlah salah satu tempat yang ingin sobat ketahui titik koordinatnya,klik tahan pada bagian rumah ataupun tempat yang lainnya sesuai dengan keinginan sobat.Maka sobat akan melihat angka yang keluar di bar tadi.

•Lalu klik bar tersebut dan sobat akan melihat beberapa pilihan lagi,jika ingin meyakinkan diri bahwa itu adalah titik koordinat tempat tersebut maka pilih bagian pertama yaitu telusuri (nomor koordinat).

•Jika sudah dilakukan maka sobat secara otomatis akan melihat bangunan ataupun tempat yang sobat pilih tadi.Dan itu adalah titik koordinat tempat yang sobat inginkan.Selesai.


Nah itu tadi bagaimana caranya melihat titik koordinat suatu tempat yang sobat inginkan,bagaimana cukup mudah bukan?.Hehe cara ini khusus bagi sobat yang belum tahu saja,untuk yang sudah tahu jangan menggunakan cara ini hehe.

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon