Wednesday, December 5, 2018

Cara Melihat dan mengetahui pengertian tentang IMEI


Hai sobat pernahkah sobat membeli smartphone atau handphone lainnya? Hehehe pastinya pernahlah, mustahil jaman canggih seperti sekarang ini belum membeli handphone baik keluar baru maupun lama. Nah ketika sobat membeli sebuah smartphone sebenarnya ada sebuah angka atau Nomor unik yang dimiliki barang tersebut lho sobat, orang-orang menyebutnya dengan sebutan IMEI.

IMEI sebenarnya mirip dengan MAC ADDRESS lho sobat, sama-sama sebuah identitas si barang tersebut, akan tetapi pengertian justru sedikit berbeda, simak saja yuk di postingan artikel kali ini.

IMEI adalah kependekan atau singkatan dari "International Mobile Station Equipment Identity". IMEI terdiri dari 15 digit angka. IMEI membawa informasi mengenai ponsel yg bersangkutan misalnya pabrik produsen ponsel, contoh ponsel, dsb. Anda sanggup cek IMEI ponsel Anda dengan menekan kombinasi *#06# pada tombol panggil.

Teorinya semua ponsel pada dunia memiliki IMEI yang unik. Tapi pada kenyataannya banyak pembuat ponsel yg kurang terkenal menggunakan angka IMEI yg sama buat banyak ponselnya (misalnya ponsel-ponsel murah buatan China). Parahnya ada juga pabrikan yg membajak nomor  IMEI menurut pabrikan lain. Jadi sobat jangan kaget atau terkejut bila ponsel atau smartphone buatan China Anda memiliki nomor  IMEI ponsel Nokia. Anda bisa coba cek sendiri keaslian IMEI ponsel Anda pada Web ini. Dengan donasi web tadi kita mampu tahu apakah nama pembuat dan tipe ponselnya sesuai menggunakan fenomena.

Sebuah IMEI pada umumnya terdiri dari 14 digit desimal, & buat ponsel keluaran terbaru umumnya terdiri berdasarkan 16 digit. Tujuan primer menurut dibuatnya IMEI adalah untuk memudahkan pengidentifikasian ponsel. Selain itu, IMEI pula dapat dipakai buat memblok ponsel tadi agar tidak akan bisa melakukan akses ke jaringan seluler. Dengan begitu, bila ada yang mencuri ponsel Anda, maka Anda bisa meminta pada provider buat memblok ponsel tersebut menggunakan cara mengirimkan kodenya. Pihak kepolisisan jua umumnya mengidentifikasi masalah pencurian ponsel menurut IMEI ponsel tadi.

Sudah sejak tahun 2004, sebuah kode pada IMEI akan memiliki format misalnya AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B dari format tersebut dikenal sebagai type allocation code (TAC) yg bisa memperlihatkan pembuat dan model dari ponsel tersebut. Sebagai model, ponsel iPhone 5 yg dikeluarkan oleh Apple akan mempunyai TAC 01-332700 ad interim ponsel Samsung Galaxy S2 memiliki kode TAC 35-853704. Bagian kode format C adalah serial number yang diberikan oleh perusahaan produsen ponsel tadi. Sedangkan digit yg terakhir merupakan sebuah checksum yg digunakan buat memverifikasi IMEI tadi.

Setiap kode akan terkunci dan secara permanen pada ponselnya sehingga tidak terdapat menggunakan sama sekali menggunakan SIM card. Jika Anda melakukan reset & mengganti SIM card yg terpasang pada ponsel tadi, maka kodenya permanen sama & tidak akan berubah. Maka menurut itu, Anda dapat memanfaatkan hal tadi untuk memblokir ponsel Anda jika ponsel tadi dicuri orang.

Namun hal tersebut herannya masih bisa diakali lantaran para pencuri ponsel biasanya akan mengubah kode dari IMEI jika kode tadi telah diblokir. Mereka umumnya membarui kode yang terblokir dengan IMEI yg masih aktif sebagai akibatnya dapat digunakan lagi. Oleh karenanya, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak berbagi IMEI milik ponsel Anda lantaran sanggup saja kode tadi akan di cloningsang para penjahat ponsel.

Lalu apa gunanya IMEI? Salah satu model aplikasinya merupakan operator seluler bisa memakai IMEI buat memberikan promosi atau diskon   khusus buat tipe ponsel eksklusif. Jadi singkatnya operator sanggup mengetahui tipe ponsel yang sedang Anda pakai kemudian menaruh penawaran yang sempurna.

Nah ada lagi pertanyaan dari sobat yang kemarin bertanya ke admin ini pertanyaannya "Gimana cara liat IMEI android kita min?". Oke sebenarnya cukup mudah untuk melihat suatu IMEI ponsel milik sobat. Bahkan diatas admin sudah jelaskan sedikit tadi ya kalo gak salah. Oke langsung saja, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahui IMEI ponsel milik sobat.

Langkah-langkahnya

1. Silahkan jalankan aplikasi telepon lalu ketikkan *#06#* lalu klik ikon seperti telepon rumah atau sering disebut call.

Langkah diatas bisa dilakukan hampir di semua jenis ponsel baik yang keluaran old but gold maupun yang baru.

Namun jika langkah diatas tidak bisa di pakai maka ada langkah yang kedua:

2. Untuk pengguna android silahkan lakukan langkah berikut:
~jalankan aplikasi setting- lalu klik about phone- klik status- dan cari IMEI.

Untuk pengguna IPHONE, biasanya ada nomor IMEI di bagian belakang handphone nya.

Untuk pengguna IPHONE LTE/3G iPad, langsung klik aplikasi setting lalu klik general dan klik about menu

Oke cukup sekian dulu ya sobat sampai jumpa di artikel berikutnya sobat.

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon