Kepanjangan dan Pengertian Lengkap tentang BotNet


Sebuah botnet merupakan sekumpulan acara yg saling terhubung melalui Internet yang berkomunikasi menggunakan program-program sejenis buat melakukan tugas tertentu. Botnet sanggup digunakan buat menjaga keamanan kanal IRC, mengirimkan surel spam, atau berpartisipasi pada serangan DDos. Kata botnet asal dari dua istilah, robot & network.

Contoh dan Bagaimana Botnet Bekerja



1.Operator botnet mengembangkan virus atau worm yang menginfeksi komputer pengguna biasa dengna perantara pelaksanaan bot.

2.Bot pada PC yang terinfeksi masuk log ke server C&C (command & control) tertentu.
Seorang spammer (penyampah) membeli jasa botnet dari operator.

3.Si spammer menyampaikan pesan spam kepada operator.

4.Operator menginstruksikan mesin terinfeksi buat mengirimkan pesan spam melalui panel kendali dalam server web.

Botnet dieksploitasi buat banyak sekali keperluan, diantaranya serangan DoS, penciptaan atau penyalahgunaan relai surat SMTP untuk spam (lihat Spambot), pemalsuan klik, spamdeks, dan pencurian nomor  serial pelaksanaan, bukti diri masuk log, dan warta keuangan misalnya nomor  kartu kredit.

Komunitas pengendali botnet telah lama berjuang memperebutkan gelar pemilik bot terbanyak, pita lebar tertinggi, & mesin terinfeksi paling "berkualitas tinggi", misalnya universitas, perusahaan, & pemerintahan.

Botnet bisa juga dikatakan menjadi kumpulan menurut applikasi bot (robot) yg pada setting untuk berjalan automatis dalam suatu jaringan, masing-masing komputer yang tergabung dalam jaringan botnet menjalankan perintah atau instruksi yang diberikan sang penggerak botnet (bot herder atau bot master) yang dilakukan secara remote.

Atau dalam bahasa yg lebih sederhana, bila personal komputer  anda terinfeksi botnet, maka ketika komputer anda terhubung ke jaringan, komputer anda akan menjalankan instruksi yg diberikan oleh bot master.

Apa saja kerugian yang didapatkan botnet

Tidak seperti layaknya virus,worm,rootkit, juga trojan yg menyusupi personal komputer  dengan tujuan yang tidak baik terhadap personal komputer  juga pengguna menurut personal komputer  yg disusupi.

 botnet ini mempunyai keistimewaan, karena tidak terlalu merugikan komputer yg dia susupi secara pribadi, namun kerugian botnet ini akan jelas terasa pada next target atau real sasaran dari sang botnet master, baiklah daripada berbicara panjang lebar, lebih baik eksklusif saja, berikut adalah kerugian yang dihasilkan botnet:

A. Bagi Komputer yg terinfeksi botnet (komputer zombie):

1. Komputer akan sedikit menurun performanya, karena digunakan secara background sang botnet
dua. Network connection atau koneksi jaringan anda akan jauh menurun performanya.

3. Komputer anda akan boros bandwith (hal ini akan terasa bila anda menggunakan servis internet berbasis Volume (volume based) atau jika servis internet anda memiliki kuota.

4. Internet anda akan melemah speednya.

B. Bagi Next sasaran atau orang yg menjadi incaran sesungguhnya berdasarkan sang bot master:

1. Bandwith pula akan boros, karena digunakan untuk mendownload berita yg diberikan sang botnet (misalnya kasus E-mail Spam)
dua. Apabila anda terpedaya E-mail Spam tersebut, maka sanggup jadi impak kerugiannya meluas ke aspek ekonomi & sosial.

3. Apabila sepasukan komputer zombie (komputer yang terinfeksi Botnet) menyerang sistem anda dalam satu satuan waktu, bukan tidak mungkin hal ini dapat melumpuhkan sistem anda atau menciptakan sistem anda menjadi malfunction.

4. Bukan tidak mungkin apabila komputer zombie mengirim informasi atau file pada anda, & anda membuka file tersebut, sepasukan malware ternyata menginfeksi personal komputer  anda ketika itu juga.

5. Hal yang bukan tidak mungkin bila personal komputer  anda jua akan sebagai personal komputer  zombie juga.
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal