Nodejs adalah : Pengertian dan Sejarah NodeJs


Akhir-akhir ini admin sering dengar para programmer berbincang mengenai tentang nodejs, akhirnya admin cari tahu apa itu sebenarnya nodejs. Dan setelah beberapa kali searching akhirnya admin mendapatkan penjelasan singkat dan padat mengenai node JS.

Nah setelah admin membaca sedikit tentang nodejs akhirnya admin lumayan paham tentang nodejs. Bagi sobat yang belum paham tentang nodejs silahkan baca artikelnya yang telah admin posting kali ini.

Node.Js merupakan platform software pada sisi-server & aplikasi jaringan. Ditulis dengan bahasa JavaScript dan dijalankan dalam Windows, Mac OS X, & Linux tanpa perubahan kode acara. Node.Js memiliki pustaka server HTTP sendiri sebagai akibatnya memungkinkan buat menjalankan server web tanpa memakai program server web seperti Apache atau Lighttpd.

Sejarah

Node.Js pertama kali diciptakan dan diperkenalkan untuk pengguna pada sistem operasi Linux pada tahun 2009. Node.Js dikembangkan oleh Ryan Dahl & disponsori sang Joyent, perusahaan tempat beliau bekerja.

Kelebihan

Berikut kelebihan-kelebihan dari server node.Js:

  1. Menggunakan bahasa JavaScript, dia mempermudah pembelajaran sisi-belakang jika memang sudah menguasai JavaScript.
  2. Pemula bahkan lebih cepat menguasainya karena berdasarkan sisi-klien juga menggunakan bahasa Javascript.
  3. Adanya pertukaran kode antara klien dan server, yaitu server-side rendering pada kerangka JavaScript.
  4. Adanya fasilitas untuk membuat aplikasi ketika konkret (realtime application).
  5. bersumber terbuka, sebagai akibatnya pengguna mengetahui bagaimana proses aplikasi berjalan, mengubahnya, & perdeo dipakai.
  6. Mendukung penyimpanan ad interim (cache).
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal