Tuesday, February 12, 2019

Manfaat Otomasi Jaringan

Manfaat otomasi Jaringan



Otomatisasi jaringan merupakan proses mengotomatisasi konfigurasi, manajemen, pengujian, penyebaran, dan operasi perangkat fisik & impian dalam jaringan. Setiap hari tugas dan fungsi jaringan dilakukan secara otomatis. Menggunakan kombinasi solusi berbasis perangkat keras dan aplikasi, organisasi besar , penyedia layanan, & perusahaan bisa menerapkan otomatisasi jaringan buat mengendalikan & mengelola proses berulang dan meningkatkan ketersediaan layanan jaringan.

Saat ini, jaringan sepenuhnya bisa melakukan tugas-tugas berikut:

  • Menemukan topologi
  • Mengelola bandwidth & menemukan rute ulang cepat buat mengimplementasikan jalur komputasi terbaik
  • Melakukan analisis akar penyebab
  • Memperbarui & menginstal rute
  • Mengatur tolok ukur kinerja
  • Memperbarui software
  • Menerapkan keamanan & kepatuhan.

Bekerja bersama, otomatisasi dan orkestrasi menyederhanakan operasi jaringan yang melibatkan konfigurasi kompleks & manajemen perangkat sembari menaruh kelincahan bisnis buat beradaptasi menggunakan lingkungan yg selalu berubah.

Anda bisa menganggap otomatisasi sebagai menuntaskan tugas yg berulang tanpa campur tangan insan, dan orkestrasi sebagai proses merangkai serangkaian tugas ini buat menyelesaikan proses atau alur kerja.

Mengemudi otomatisasi jaringan merupakan perluasan cepat infrastruktur jaringan yang diperlukan buat mendukung pertumbuhan lalu lintas jaringan secara eksponensial yang didapatkan sang penggunaan video, media umum, data, dan aplikasi. Selain itu, ketika daya komputasi terus menurun dalam biaya  & komputasi virtual terus tumbuh, otomatisasi jaringan sebagai lebih tersedia untuk poly usaha. Berbagai jenis otomatisasi jaringan bisa berlaku buat jaringan area lokal, lingkungan tervirtualisasi, pusat data, & cloud publik & eksklusif.

Manfaat Otomasi

Bagi banyak organisasi, kurangnya kelincahan untuk menyesuaikan diri menggunakan perubahan jaringan sudah sebagai hambatan, mencegah perusahaan-perusahaan tersebut buat menggunakan infrastruktur pusat data yang bertenaga dan sangat responsif.

Untuk penyedia layanan, otomatisasi adalah strategi landasan buat penekanan dalam peningkatan kelincahan & keandalan jaringan sambil mengendalikan pengeluaran operasional (OpEx) dan pengeluaran modal (CapEx). Untuk menaikkan efisiensi operasional, margin, & kepuasan pelanggan, penyedia layanan bisa mengotomatisasi tugas-tugas rutin dan kompleks yang mungkin memakan waktu, berulang, atau rawan kesalahan. Keterbukaan dan interoperabilitas API dukungan otomatisasi, protokol berbasis standar, & kerangka kerja otomatisasi open-source (seperti Ansible, Saltstack, Puppet, dan Chef).

Dengan mengotomatiskan fitur jaringan & mengimplementasikan produk software yang menunjukkan otomatisasi, organisasi mendapat manfaat menurut hal berikut:

1. Biaya lebih rendah -Karena otomatisasi mengurangi kompleksitas infrastruktur mendasar Anda, secara dramatis lebih sedikit orang-jam dibutuhkan buat mengonfigurasi, menyediakan, & mengelola layanan & jaringan. Dengan menyederhanakan operasi, mengkonsolidasikan layanan jaringan, mengurangi ruang lantai, & mematikan perangkat yang kurang dimanfaatkan, Anda membutuhkan lebih sedikit staf buat memecahkan perkara & memperbaiki, dan menuai penghematan daya.

2. Meningkatkan transedental bisnis - Dengan menghilangkan kemungkinan kesalahan manusia, perusahaan dapat memperlihatkan dan menaruh tingkat layanan yang lebih tinggi menggunakan lebih konsisten di seluruh cabang & geografi. Misalnya, Juniper Networks 'Service Now merupakan klien pemecahan masalah jarak jauh dan otomatis yg memungkinkan Juniper mendeteksi dengan cepat & proaktif setiap masalah dalam jaringan pelanggan sebelum mereka menyadarinya.

3. Meningkatkan tenaga kerja strategis -Dengan mengotomatisasi tugas-tugas berulang yg tunduk pada kesalahan manusia, perusahaan meningkatkan produktivitas, yg membantu mendorong peningkatan dan inovasi bisnis. Akibatnya, peluang kerja baru timbul buat energi kerja yg terdapat.

4. Wawasan yang lebih luas dan kontrol jaringan -Otomatis membantu membuat operasi TI lebih responsif terhadap perubahan melalui analitik. Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas ke jaringan dan memahami menggunakan tepat apa yg terjadi di jaringan Anda dengan kemampuan buat mengendalikan & menyesuaikan diri sinkron kebutuhan.

5. Meningkatkan kelincahan usaha - Otomasi memungkinkan perusahaan buat membuatkan contoh operasional yang menaikkan saat ke pasar. Anda dapat menambahkan layanan baru, menguji pelaksanaan baru, dan memperbaiki kasus. Waktu buat merealisasikan pemugaran berkurang, membentuk daya saing & elastisitas yg lebih besar , dan dalam akhirnya, lebih poly keuntungan ditambahkan ke garis bawah perusahaan

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon