Thursday, February 7, 2019

Wow Ternyata Inilah Bahaya dari Shadow IT


Shadow IT adalah istilah yang dipakai buat teknologi pribadi (BYOD), aplikasi, dan perangkat lunak atau layanan yang didukung oleh penyedia layanan pihak ketiga, bukan penyedia TI atau departemen teknologi organisasi.

Selama beberapa tahun terakhir, teknologi Sosial, Bergerak, Analisis, dan Cloud (SMAC) sudah menjadi pendorong primer inovasi (dan gangguan). Layanan seluler & cloud telah menaruh pengguna akhir kemampuan buat mengakses data dan melakukan peran pekerjaan mereka menurut hampir semua lokasi. Akibatnya, pelaksanaan bisnis sudah beralih berdasarkan kembali keamanan firewall perusahaan ke solusi Software-as-a-Service (SaaS) publik buat semuanya mulai dari akuntansi sampai sumber daya manusia.

Tren teknologi ini jua menghasilkan "konsumerisasi" TI, pada mana pengguna akhir tiba buat mengharapkan pengalaman mobile yg cepat, gampang digunakan, dan pertama. Harapan ini bisa mengakibatkan frustrasi dengan teknologi usang yang mungkin nir bekerja dengan baik buat karyawan waktu bepergian.

Pengguna akhir cenderung ke solusi paling sederhana. Mengapa pergi dan mencari perangkat yg berhubungan dengan pekerjaan ketika ponsel atau tablet Anda duduk pada meja? Berkat App Store Apple dan Google Play Store, karyawan mempunyai akses ke ribuan pelaksanaan yang dapat mereka instal & gunakan dengan cepat buat menjalankan fungsi pekerjaan mereka, semua pada luar batas jaringan. Jadi mengapa ini menjadi masalah?

RISIKO DARI BAYANGANNYA

Ada beberapa perkara yg dihadapi menggunakan Shadow IT. Pengguna memilih pelaksanaan mereka sendiri dapat membuka perusahaan sampai perkara keamanan, mengeluarkannya berdasarkan kepatuhan terhadap panduan aturan, dan secara negatif memengaruhi pengguna lain pada bisnis mereka tanpa sengaja. Berikut merupakan beberapa cara Shadow IT bisa memengaruhi usaha Anda:

Keamanan - Perangkat keras dan lunak yg tidak didukung tidak tunduk pada langkah-langkah keamanan yang sama seperti teknologi yg didukung. Tanpa kemampuan buat memantau & mengontrol penggunaan pelaksanaan, aplikasi dan aplikasi yang menggabungkan data bisnis & berintegrasi dengan pelaksanaan bisnis yang terdapat berisiko terhadap serangan cyber & infeksi malware. Ini menyebabkan hilangnya saat, kehilangan produktivitas, kehilangan pendapatan, dan kehilangan reputasi.

Kepatuhan - Risiko tata kelola dan kepatuhan berdasarkan Shadow IT sangat serius lantaran data sensitif dapat dengan gampang diunggah atau dibagikan. Tidak terdapat proses untuk memastikan kerahasiaan data atau kebijakan akses apabila seorang karyawan menyimpan data perusahaan pada akun DropBox atau EverNote eksklusif mereka. Pelanggaran dampak gagal memenuhi panduan kepatuhan dapat menyebabkan denda  yang signifikan.

Alur Kerja dan Proses - Teknologi yg beroperasi tanpa sepengetahuan departemen TI dapat secara negatif memengaruhi pengalaman pengguna karyawan lain dengan memengaruhi bandwidth & menciptakan situasi pada mana konflik protokol jaringan atau aplikasi perangkat lunak. Selain itu, tim Dukungan TI mungkin tidak siap menggunakan jawaban atau resolusi saat pengguna akhir menyampaikan masalah dengan indera yang tidak didukung. Ini memperlambat pekerja dan membentuk tekanan tambahan pada IT.

MENGURANGI RISIKO DAN MEMAKSIMALKAN MANFAAT

Untuk seluruh risiko yang ditawarkan Shadow IT, ia pula membawa potensi imbalan. Aplikasi baru bisa merevolusi proses & memungkinkan karyawan buat bekerja lebih cerdas & lebih efisien. Ini membutuhkan keseimbangan yang cermat antara manajemen dan fleksibilitas.

Sebagian akbar pengguna akhir tidak menyamakan menggunakan aplikasi atau perangkat eksklusif dengan konsekuensi ekstrem. Di sinilah TI wajib  fleksibel dan berkomunikasi dengan baik.

 Alih-alih memberi tahu pengguna akhir mereka hanya bisa menggunakan satu sistem buat bekerja, jelaskan jenis data apa yang boleh digunakan di aplikasi yang tidak didukung dan data mana yang harus permanen aman pada jaringan yg didukung. Pastikan Anda mengidentifikasi penggunaan yang diizinkan pada Kebijakan Penggunaan yang Dapat Diterima.

Waktunya sudah datang buat melewati termin penolakan Shadow IT dan komunikasi merupakan kuncinya. Mendidik pengguna akhir dan menaruh pedoman penggunaan fakta yg jelas, ringkas, dapat membantu Anda menyebarkan batasan yang bisa ditegakkan.

Luangkan waktu untuk tahu proses & kebutuhan karyawan. Meneliti & memakai solusi yang memenuhi kebutuhan tadi, baik waktu ini dan masa depan. Ini, dikombinasikan menggunakan cloud solid dan taktik pelaksanaan SaaS bisa mengendalikan kembali pengguna akhir dan data Anda.

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon