Cara konfigurasi dan blokir situs dengan squid di debian 6


Tutorial Blockir situs dengan Proxy

Oke sobat sitier semua, untuk artikel kali ini admin akan sharing bagaimana caranya memblokir situs menggunakan proxy dengan melakukan penginstalan squid terlebih dahulu tentunya. Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana memblokir situs menggunakan squid bukan? Hehehe artikel kali ini ditujukan untuk yang belum tahu saja.

"Lah terus bagaimana untuk yang sudah tahu? Masa gak boleh baca min?". Hehehe tenang saja untuk sobat yang sudah tahu bagaimana caranya memblokir situs menggunakan proxy boleh-boleh saja bahkan halal untuk membaca artikel yang admin posting kali ini hehehe :v. Akan tetapi mungkin agak sedikit berbeda dengan cara yang diajarkan oleh guru-guru terhormat kalian.

Yups karena setiap ilmu pasti ada guru yang mengajarkan atau menurunkan ilmu tersebut, dan setiap guru punya caranya masing-masing untuk mengajarkan atau menurunkan ilmu pengetahuannya kepada siswa kesayangannya itu (mungkin lho ya :v). Akan tetapi guru admin sendiri punya quotes yang bisa menyatukan itu semua, "apapun makanannya, minumnya tetap teh botol Sosro" :v. 

Walaupun caranya berbeda akan tetapi hasilnya tetap sama sobat :v.
Okelah sebelum masuk ke intinya sebaiknya admin jelaskan sedikit tentang proxy oke? Agar pengetahuan sobat bertambah dan pahala untuk admin pun mengalir deras amiin hehe :v. Oke simak ya sobat yang ganteng dan cantik untuk yang belum ganteng dan cantik upgrade dulu ya :v hehehe bercanda. Oke-oke sudah cukup admin jelaskan sedikit tentang proxy, 

"Proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. ProxyServer bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien."

Nah bagaimana sudah paham belum? Jika belum paham berpura-pura lah paham agar bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya hehe. Sebelum melakukan konfigurasi proxy sebaiknya persiapkan beberapa alat atau bahan lebih tepatnya bahan ya? Ah terserah sobat saja mau alat atau bahan hehehe. Oke berikut adalah alat atau bahan yang perlu di persiapkan:

1. DVD Debian 6 (admin menggunakan Debian 6).
2. Laptop atau PC(komputer).
3. Secangkir teh hangat dan roti tawar untuk membuat nyaman (admin gak terlalu suka kopi jadi gak admin masukkan :v).
4. Otak dalam keadaan normal (wajib).
Bagaimana sudah dipersiapkan alat dan bahannya? Cepat persiapkan dulu alat dan bahannya baru lanjut ke tahap berikutnya sobat hehehe. Untuk yang no.4 itu kewajiban yang tidak boleh di tinggalkan ya hehe. Jika sudah dipersiapkan semuanya maka gas saja ke point' pembahasannya untuk artikel yang admin posting kali ini.

Step by step

• Oke lakukan instalasi sistem operasi Debian 6, tidak tahu caranya? Tenang saja admin sudah jelaskan bagaimana caranya instalasi sistem operasi Debian 6 berbasis GUI. Baca Disini

• Sudah bisa melakukan instalasi sistem operasi Debian 6 berbasis GUI di PC ataupun laptop? Lanjut melakukan konfigurasi IP address dulu untuk debiannya, Baca Disini

• Jika tahap diatas sudah berhasil dilakukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi DNS server, kita butuh 2 DNS disini untuk pembuktian pemblokiran situsnya nanti. Baca Disini

• Bagaimana untuk langkah diatas? Sudah dilakukan kah? Memang agak sulit sih, akan tetapi coba simak dan pahami serta lakukan secara berulang-ulang agar sobat paham betul bagaimana caranya melakukan konfigurasi 2 DNS server di Debian 6 berbasis GUI. 

• Sudah bisa Mengkonfigurasi web server di Debian 6 berbasis GUI? Jika sudah selamat ya hehe. Lanjut melakukan konfigurasi FTP server agar lebih sempurna . Baca Disini

• Masukkan DVD Debian 6 ke tempatnya (yang ada di CPU).

• Jika semua langkah diatas sudah berhasil dilakukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi Proxy nya ketikkan ini pada terminal:
~apt-get install squid (enter).


•Lanjut ketikkan perintah berikut:
~nano /etc/squid/squid.conf (enter).


• Nah pastinya akan ada banyak sekali script atau tulisan yang membuat sobat bingung kan? Hehe tenang saja ikuti langkah berikut:
~tekan ctrl+w lalu ketikkan "http_port 3128". Lalu tekan enter. Jika sudah ketemu silahkan tambahkan kata transparent di sebelah kanan 3128 akan menjadi seperti ini:



http_port 3128 transparent.
~tambahkan script berikut agar bisa dipakai nanti proxynya:
cache_mem 16 MB
cache_mgr admin@domainmu.com (masukkan domain pertama).
visible_hostname proxy.domainmu.com (masukkan domain pertamamu).
Contoh:
cache_mem 16 MB
cache_mgr admin@siti-home.com
visible_hostname proxy.siti-home.com


~tekan ctrl+w lalu ketikkan acl CONNECT dan tekan enter. Lalu tambahkan script berikut tepat dibawah tulisan acl CONNECT tadi:
acl url dstdomain "/etc/squid/url"
acl key url_regex -i "/etc/squid/key"
htttp_access deny url
https_access deny key
acl lan src 192.168.2.0/24 (masukkan IP address yang sobat konfigurasi tadi dan ubah angka paling ujungnya menjadi 0/24).
http_access allow lan
http_access allow all


~tekan ctrl+w dan ketikkan http_access deny all lalu enter dan tekan lagi ctrl+w lalu ketikkan http_access deny all dan berikan # di samping tulisan http, akan menjadi seperti berikut ini:
# http_access deny all

• Nah jika langkah diatas sudah di terapkan maka langsung saja tekan ctrl+x dan tekan y lalu enter.

• ketikkan perintah berikut ini:
~cd /etc/squid (lalu tekan enter)

• Lanjut ketikkan perintah berikut ini:
~nano url (enter)
Masukkan nama domain yang ingin di block oleh sobat contohnya:
www.angga1.id
angga1.id
Lalu tekan ctrl+x dan tekan enter


• Sekarang kita atur keyword apa saja yang ingin di block menggunakan perintah berikut ini:
~nano key (enter).
Silahkan masukkan keyword yang ingin sekali sobat block contohnya:
admin
Rachtroper
Sangat
Tampan
Lalu tekan ctrl+x dan y lalu enter.


• Jika keyword dan url sudah di atur lanjut ketikkan perintah berikut ini:
~squid -z (enter).

• Lanjut ke perintah yang terakhir ketikkan perintah berikut ini:
~iptables -t nat -A PREROUTING -s 192.168.2.0/24 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port 3128 (enter)
"Masukkan IP yang sobat konfigurasi tadi tapi ingat angka di ujungnya ganti dengan 0/24".

~iptables-save>/etc/iptables (enter)
~service squid restart atau /etc/init.d/squid restart (enter).

Nah pada langkah ini sudah selesai silahkan sobat uji di PC klien sama kan antara IP address server dengan IP address klien yang sobat miliki ya. Jika sobat belum tahu bagaimana caranya menghubungkan antara PC server dengan PC klien maka simak langkah berikut ini:

• Konfigurasi kan IP address PC klien pertama silahkan klik kanan pada ikon WiFi atau icon yang mirip dengan monitor biasanya ada di pojok kanan bawah cari saja.

•Lalu klik kiri pada
• Silahkan klik kiri pada change adapter setting
• Cari yang bersangkutan dengan ethernet lalu klik kanan dan pilih properties
• Cari yang tulisan ipv4 dan klik kiri 2x lalu masukkan IP address nya samakan dengan kelas IP ADDRESS server contoh:
PC server:
192.168.2.16
Maka PC klien:
192.168.2.17 atau diatas 17 juga boleh misalnya angka 17 nya diganti dengan 18,19,20 dan seterusnya.
Lalu klik oke
• Silahkan jalankan CMD tekan windows+r lalu ketikkan CMD adminstrator lalu tekan enter.
• Lakukan proses PING agar mengetahui apakah konfigurasi nya berhasil ataupun tidak :
~ping 192.168.2.16
Masukkan IP address PC server pada cmd
~ping 192.168.2.17
Masukkan IP address PC klien pada terminal Debian 6 berbasis GUI.
• Jika sudah TTL maka langsung jalankan browser yang sobat install sebelumnya, admin sarankan menggunakan chrome karena lebih familiar. Lalu masukkan domain yang di block tadi pada mesin pencari google
• Jika tampilannya sama seperti gambar dibawah ini maka langkah memblokir situsnya berhasil akan tetapi jika belum seperti gambar di bawah ini maka langkahnya salah.

Catatan:
~IP yang di ketikkan pada proxy tadi "acl lan src 192.168.2.0/24" itu di sesuaikan dengan IP address yang sobat konfigurasi sebelumnya silahkan ganti angka 2 nya pokoknya sesuai kan saja begitupula dengan IP address yang ada di DNS server harus sama juga seperti IP address yang sobat konfigurasi.
~ Dan pada "-s 192.168.2.0/24" itupun diganti dengan IP address yang sudah sobat konfigurasi sebelumnya, wajib disamakan akan tetapi ganti angka ujungnya dengan 0/24.

Bagaimana untuk tutorial kali ini apakah sulit? Atau mudah? Jika sobat menganggapnya mudah maka admin ucapkan selamat jika sobat menganggapnya sulit maka admin ucapkan belajar dan pahami lagi!. "Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha". Belajarlah terus sampai mampus eh sukses hehe :v. Sampai jumpa di artikel berikutnya sobat sitier.

DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal