PENGERTIAN DAN BAHAYA DARI VPN NO.6 PALING MERUGIKAN

PENGERTIAN DAN BAHAYA DARI VPN


PENGERTIAN DAN BAHAYA DARI VPN

Rachtroper-Akhir-akhir ini pemerintah Indonesia Memblokir bebrapa media sosial untuk mengurangi penyebaran hoax yang bisa menimbulkan fitnah diantara masyrakatnya, pemblokiran ini berlangsung lancar namun para pengguna smartphone tentunya tidaklah sebodoh itu dan pasrah menerimanya. Namun justru sebaliknya mereka menggunakan sebuah Layanan yang bernama VPN atau Virtual Private Network, Nah sobat semua sudah tahu belum pengertian dari VPN itu sendiri? dan bahaya kah VPN tersebut?.
Di artikel kali ini admin akan membahas sebuah pengertian dari VPN atau Virtual Private Network, dan juga admin akan membahas bahaya dari VPN itu sendiri, namun pengertian VPN ini berdasarkan dari Pemahaman admin sendiri yang admin rangkum dari beberapa referensi, dan bahaya dari VPN nya admin menanyakan kepada para Ahli IT di salah satu grup IT.

Oke langsung saja berikut pengertian dari VPN. VPN(Virtual Private Network) jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah Jaringan Pribadi Virtual. VPN(Virtual Private Network) yang berarti memperluas jaringan pribadi hingga ke jaringan publik, dan VPN memberikan kegunaan untuk usernya atau penggunanya agar bisa mengirimkan dan juga bisa menerima data sepanjang jaringan publik atau jaringan bersama seolah-olah PC pengguna itu terhubung dalam jaringan pribadi. Aplikasi yang dipakai berjalan melintasi VPN dapat memanfaatkan sebuah Keamanan, Fungsinya, dan Management Jaringan Pribadi.

Nah diatas merupakan sebuah pengertian dari VPN yang sudah admin rangkum, jadi bagaimana sudah paham kan? berupura-puralah paham hehehe, oke berikutnya admin akan membahas bahaya dari VPN itu sendiri.

Di Indonesia ada beberapa kasus dimana seorang wanita menggunakan aplikasi VPN gratis untuk membuka sebuah media sosial yang di BLOCK oleh pemerintahnya sendiri, namun nasib baik tidak datang untuknya alhasil saldo di M-Banking miliknya malah terkuras habis. Langkah yang diambil oleh pemerintah indonesia ini juga guna mengurangi dampak sosmed yang bisa memprovokasi warga ketika acara yang di selenggarakan pada 22 MEI 2019.

Nah untuk bahaya nya dari VPN itu sendiri memang tidak nampak secara langsung ketika seorang menggunakan layanan dari VPN, akan tetapi dampaknya akan di sadari pengguna ketika pengguna itu sudah menyadari beberapa hal ganjil dan banyak membaca tentang VPN. Bahaya dari VPN juga cukup mengerikan walaupun banyak orang yang menghiraukan bahaya dari penggunan VPN ini.

Namun apa saja dampak bahaya dari VPN itu sendiri?

1. Pencurian Data Pribadi

Penggunaan VPN yang gratisan dapat berbahaya bagi pengguna VPN, apalagi penggunaan VPN yang gratisan. Data-data penting milik pengguna smartphone dapat di ambil ketika pengguna menggunakan layanan VPN, Data pribadi itu berupa Username, Password, Nama Pengguna, Alamat Pengguna, Dan juga bisa Uang milik si pengguna seperti kasus diatas yang di alami oleh salah satu Warga Negara Indonesia tersebut.

2. IP address(Internet Protocol) Bocor

Beberapa Layanan VPN(Virtual Private Network) memliki jalur private atau rahasia yang masih ada banyak lubang atau kekurangannya. Nah di lubang itu lah kebocoran alamat IP sobat bisa di ketahui oleh orang yang tidak dikenal bahkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bahkan data-data pribadi milik sobat juga bisa di curi melalui lubang tersebut lho.
Kebocoran ini bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan proses hacking dan pencurian data pribadi milik sobat yang menggunakan jasa layanan VPN.

3. Penyebaran Virus Ketika Menggunakan Layanan VPN

Yups, penyebaran virus ketika menggunakan VPN itu persentase nya lumayan besar apalagi menggunakan layanan VPN gratisan, ada sebuah istilah yang namanya Malvertising di internet. Malvertising itu sendiri merupakan sebuah proses penyaluran sebuah malware atau virus ke perangkat komputer ataupun smartphone milik sobat yang menggunakan jasa layanan VPN secara gratis.
Ketika sobat melakukan proses browsing menggunakan layanan VPN maka secara tidak sadar sobat sudah memberi akses ke virus dan malware nya untuk masuk ke smartphone maupun perangkat komputer milik sobat melalui yang namanya kalo tidak salah itu sebuah ads atau iklan yang tayang di sebuah situs, akan tetapi tidak semua iklan mengandung sebuah virus ya sobat.

4. ADware Attacking

Nah kalo bahaya yang ini pastinya sudah ada ketika sobat mulai menggunakan sebuah layanan VPN secara gratis, sesuai dengan namanya ADware attacking atau dalam bahasa Indonesianya itu Serangan Iklan, serangan ini berupa iklan-iklan yang cukup mengganggu dan merugikan si pengguna, bagaimana tidak jika terdapat banyak iklan yang menghalangi layar smartphone maupun komputer milik sobat maka tentunya kita akan terganggu ketika melakukan sebuah aktivitas di internet.
Dan biasanya Aplikasi VPN gratisan akan menampilkan sebuah iklan dari pihak ketiga, tidak sampai disini aplikasi VPN ini juga akan memberikan aktivitas internetan sobat kepada pihak ketiga tersebut. Dan iklan yang tayang pun akan membuat koneksi internet milik sobat terasa lambat sekali bahkan iklan tersebut bisa mengarahkan sobat ke situs yang berbahaya lho.

5. Man In The Middle

Serangan ini adalah suatu serangan yang terjadi terhadap sistem sebuah komputer yang saling terhubung atau berkomunikasi satu dengan yang lainnya, orang yang menjalakannya disebut Hacker, salah satu yang paling mematikan nya si Hacker tersebut berada di tengah jalur komunikasinya.

6. Peretasan Ketika Transaksi Perbankan

Penggunaan layanan VPN secara gratis dapat mengakibatkan sebuah peretasan ketika si pengguna melakukan proses transaksi perbankan, bahkan menurut IT Security Awareness BCA, prioritasnya Kantor Cabang Utama Panakkulang,Nancy memberikan sebuah keterangan yang terkait dengan penggunaan VPN yang beresiko penyadapan dan peretasan data transaksi oleh pihak VPN.
Nancy juga memberikan saran kepada pengguna agar memberhentikan layanan VPN ketika sedang melakukan proses transaksi berlangsung. Berikut kata-kata dari Nancy
"Bagi Nasabah yang mengaktifkan VPN gratis yang ada di sebuah android atau Iphone agar bisa terhubung ke sosmed mohon untuk tidak melakukan transaksi perbankan saat mengakses VPN",Kata Nancy
"Jika ingin bertransaksi pastikan VPN nya dalam keadaan disconnect",Jelasnya.

beberapa resiko lainnya yaitu, kadang koneksi si pengguna tidak di enkripsi, si penyadap atau hacker akan panen data sebelum data itu menuju ke ISP, Lambat karena banyak sekali yang menggunakan jasa layanan VPN gratisan, Secara diam-diam VPN akan mencatat LOG aktivitas si penggunanya, bahkan si VPN client kadang disispi backdoor ataupun Virus,Malware,Spyware,dan sebagainya.
Bagaimana dengan Keamanan VPN itu sendiri, biasanya keamanan VPN itu diamankan dengan enkripsi high level atau tingkat tinggi seperti SSL/TSL.
Bagaimana ketika seseorang menggunakan layanan VPN, di saat seseorang menggunakan layanan VPN maka orang tersebut akan seolah-olah berada di negara server tersebut, contohnya menggunakan server singapore maka sobat bisa membuka web apapun selama di negara itu webnya tidak di blokir.

Nah itu tadi adalah Pengertian, Bahaya VPN, Resiko VPN,dan Kondisi ketika menggunakan layanan VPN secara gratisan, bagaimana cukup mengerikan bukan? jika sobat berpendapat bahwa VPN berbahaya maka admin sarankan jangan pernah menggunakan VPN, namun jika masih ingin menggunkannya maka sobat bisa menggunakan Layanan VPN yang berbayar namun tidak menutup kemungkinan jika si penyedia layanan VPN tersebut berbuat sesukanya kepada penggunanya.
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal