TERNYATA INI PERBEDAAN TEKNIK INFORMATIKA, TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM INFORMASI, SISTEM KOMPUTER, RPL DAN TKJ

PERBEDAAN TEKNIK INFORMATIKA, TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM INFORMASI, TEKNIK KOMPUTER, RPL DAN TKJ


PERBEDAAN IT, TI, SI, CE, RPL DAN TKJ

Rachtroper- Hai sobat, di artikel kali ini admin akan membahas seputar tentang jurusan teknologi yang ada di Indonesia tercinta ini. Banyak sih jurusan yang membahas tentang teknologi yang ada di Indonesia. 

Nah jika sobat penggila sebuah teknologi dan sobat ingin masuk ke dunia teknologi melalui salah satu dari sekian banyaknya jurusan teknologi pastinya sobat akan bingung memilihnya kan? Hehe tenang saja admin akan membahas pengertian Teknik Informatika,Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer,RPL dan TKJ, eitss admin juga akan membahas perbedaan dari Teknik Informatika,Teknologi Informasi,Sistem Informasi,Teknik Komputer,RPL dan TKJ.

Nanti sobat tidak bingung lagi untuk memilih dari keenam jurusan yang admin bahas ini, silahkan sobat sesuaikan dengan hobi sobat di bidang apa sobat merasa sanggup. Dari perbedaan Teknik Informatika,Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer,RPL dan TKJ, yang di bahas kali ini ,admin harap sobat bisa mengerti di bidang apa jurusan ini bekerja.

Mungkin tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya akan tetapi tetap ada perbedaanya, nah sudah penasaran perbedaan dari Teknik Informatika,Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer,RPL dan TKJ?Yuk simak ulasannya berikut.

1. Information Technology (IT)
PERBEDAAN IT, TI, SI, CE, RPL DAN TKJ
Yang pertama admin bahas adalah Teknik Informatika. Teknik informatika adalah disiplin ilmu yang menginduk pada sebuah ilmu komputer, yang pada awalnya merupakan sebuah kumpulan disiplin ilmu dan juga teknik yang secara special mengatasi sebuah masalah transformasi atau bisa juga disebut sebagai pengolahan fakta-fakta yang simbolik (data) dengan memanfaatkan sebaik dan seoptimal mungkin teknologi komputer yang ada pada era modern ini.

Transformasi itu merupakan sebuah proses-proses logika dan sistematika untuk memperoleh sebuah solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada, sehingga ketika sobat memilih program studi Teknik Informatika, maka sobat bisa menjadi terlatih untuk berpikir secara logis dan sistematis agar mampu dengan mudah menyesuaikan diri sobat dengan sebuah pekerjaan apapun yang nantinya sobat pilih. Jurusan ini juga menghasilkan lulusan atau alumni-alumni yang mampu bekerja dengan efektif dalam   merencanakan, mengimplementasikan, melakukan konfigurasi, serta mampu merawat sebuah infrastruktur teknologi informasi yang ada di  dalam organisasi.

2. Teknologi Informasi
Yang akan di bahas kedua oleh admin adalah Teknologi informasi. Nah Teknologi Informasi merupakan sebuah istilah yang umum untuk menjelaskan teknologi apa pun yang dapat membantu umat manusia dalam mengubah, membuat, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan sebuah informasi. Teknologi informasi juga menyatukan sebuah komputasi dan komunikasi yang berkecepatan tinggi untuk data, suara, serta sebuah video. Salah satu contoh yang dihasilkan dari Teknologi Informasi bukanlah hanya sekedar berupa Personal Computer saja, akan tetapi juga sebuah telepon, Televisi, peralatan rumah tangga elektronik juga, serta peranti genggam modern.

3. Information System (IS) (Sistem Informasi atau Manajemen Informatika)
PERBEDAAN IT, TI, SI, CE, RPL DAN TKJ

Yang ketiga adalah Sistem Informasi. Sistem Informasi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari berbagai macam konsep sebuah teori dan juga strategi penerapan sistem informasi dalam sebuah organisasi, terutama yang erat kaitannya dengan proses pengolahan, penciptaan, pendistribusian, penyimpanan, serta pengawasan data dan informasi/knowledge yang ada di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi tersebut. Prodi ini juga menghasilkan lulusan atau alumni-alumni yang mampu menganalisi suatu kebutuhan dan proses bisnis, dan juga mampu mendesain sebuah sistem berdasarkan tujuan dari organisasi tersebut.

4. Computer Engineering (CE) (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer)
PERBEDAAN IT, TI, SI, CE, RPL DAN TKJ

Yang keempat adalah Sistem Komputer. Sistem Komputer sendiri sebenarnya lebih condong ke arah hardware atau perangkat keras,  di jurusan ini sobat akan mempelajari bagaimana cara-cara dan teknik membuat sebuah hardware komputer lho, sobat juga akan mempelajari bagaimana caranya membuat compiler dan sobat juga akan mempelajari bagaimana suatu program bisa berjalan jika di double klik, serta hal yang rinci lainnya.
Jurusan ini tentunya menghasilkan lulusan yang bisa mendesign serta mampu mengimplementasi sebuah sistem yang terintegrasi baik itu software maupun hardwarenya.

5. Software Engineering (SE) (Rekayasa Perangkat Lunak)
PERBEDAAN IT, TI, SI, CE, RPL DAN TKJ

Yang kelima ada Rekayasa Perangkat Lunak atau software engineering. Software engineering merupakan sebuah disiplin ilmu yang menerapkan berbagai macam prinsip-prinsip engineering untuk mendapatkan sebuah software yang ekonomis dan dapat dipercaya serta mampu bekerja lebih efisien pada mesin yang sesungguhnya.
Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang bisa mengelola aktivitas pengembangan sebuah software berskala besar dalam tiap tahapannya.

6. Teknik Komputer Dan Jaringan

Yang terakhir adalah Teknik Komputer Dan Jaringan. Teknik Komputer Dan Jaringan atau yang biasa disebut sebagai TKJ adalah sebuah jurusan yang mempelajari berbagai macam tentang sebuah jaringan komputer yang ada di dunia ini. Mulai dari jaringan yang terkecil LAN sampai sebuah jaringan yang besar WAN. Di jurusan ini juga sobat diajari bagaimana cara kerja suatu jaringan yang terhubung dengan komputer, serta sobat juga di ajari bagaimana caranya membangun sebuah jaringan komputer sendiri.

Tidak hanya membahas sebuah jaringan komputer saja, jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan juga membahas bagaimana cara merakit sebuah komputer, merawat sebuah komputer, mempelajari bagaimana melindungi diri sendiri agar tidak berbahaya ketika sedang mengerjakan atau membangun sebuah jaringan komputer atau ilmu keselamatan diri.

Sobat juga di ajari sedikit materi tentang bahasa pemrograman, salah satu contohnya yang sering diterapkan adalah PHP dan C++. Sebenarnya di dalam materi ini sobat hanya di ajari sebagian kecil saja dari materi bahasa pemrograman tidak seperti RPL yang memang mempelajari bahasa pemrograman. Akan tetapi materi ini bisa sobat pelajari secara otodidak di rumah atau dimana pun selagi sobat masih hidup hehe.

Teknik Komputer Dan Jaringan diharapkan mampu menghasilkan lulusan atau alumni-alumni yang mampu mengadministrasikan sebuah jaringan lokal maupun WAN, dan juga mampu memecahkan sebuah masalah dalam jaringan tersebut.

Oke tadi itulah pembahasan perbedaan dari IT,TI,SI,CE,RPL dan TKJ. Bagaimana sudah dapat masukan? Nah silahkan pilih jurusan yang sobat rasa mampu sobat jalani. Jangan memaksakan memilih suatu jurusan jika sobat tidak mampu menyelesaikan nya. Pilihlah sesuai dengan hobi sobat di dunia teknologi.
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal