Sunday, September 22, 2019

Fungsi Dari Control Pada Pada Sistem Operasi Windows

Pengertian Control Panel Beserta Fungsinya

Pengertian Control Panel Beserta Fungsinya

Untuk di artikel kali ini saya akan membahasa seputar tentang control panel, pengertian control panel, dan fungsi dari control panel.

Tentunya sobat sudah tahu kan apa itu control panel? Jika belum tahu kebetulan admin bahas di artikel kali ini, hmm sebenarnya fungsi dari control panel itu dibilang unik dan sangat berguna bagi komputer serta pengguna.

Yuk kita simak aja fungsi dan pengertian dari control panel.

Control Panel adalah komponen Microsoft Windows yang menyediakan kemampuan untuk melihat dan mengubah pengaturan sistem. Ini terdiri dari satu set applet yang mencakup menambah atau menghapus perangkat keras dan perangkat lunak , mengendalikan akun pengguna , mengubah opsi aksesibilitas , dan mengakses pengaturan jaringan. Applet tambahan disediakan oleh pihak ketiga, seperti driver audio dan video, alat VPN, perangkat input, dan alat jaringan.

Control Panel telah menjadi bagian dari Microsoft Windows sejak Windows 1.0 , dengan setiap versi berturut-turut memperkenalkan applet baru. Dimulai dengan Windows 95 , Panel Kontrol diimplementasikan sebagai folder khusus , yaitu folder tersebut tidak ada secara fisik, tetapi hanya berisi pintasan ke berbagai applet seperti Tambah atau Hapus Program dan Opsi Internet . Secara fisik, applet ini disimpan sebagai file .cpl . Misalnya, applet Tambah atau Hapus Program disimpan di bawah nama appwiz.cpl di folder SYSTEM32 .

Di Windows XP , layar beranda Panel Kontrol diubah untuk menyajikan struktur navigasi yang dikategorikan mengingatkan pada menavigasi halaman web . Pengguna dapat beralih antara Tampilan Kategori ini dan Tampilan Klasik berbasis-grid melalui opsi yang muncul di sisi kiri atau atas jendela. Di Windows Vista dan Windows 7 , lapisan navigasi tambahan diperkenalkan, dan jendela Panel Kontrol itu sendiri menjadi antarmuka utama untuk pengaturan penyuntingan, sebagai lawan meluncurkan dialog terpisah.

Banyak applet Panel Kontrol individu dapat diakses dengan cara lain. Misalnya, Display Properties dapat diakses dengan mengklik kanan pada area kosong pada desktop dan memilih Properties . Panel Kontrol dapat diakses dari prompt perintah dengan mengetikkan kontrol ; parameter opsional tersedia untuk membuka panel kontrol khusus.

Pada Windows 10 , Panel Kontrol tidak digunakan lagi karena mendukung aplikasi Pengaturan , yang awalnya diperkenalkan pada Windows 8 sebagai "pengaturan PC" untuk menyediakan area pengaturan yang dioptimalkan pada layar sentuh menggunakan platform aplikasi bergaya Metro . Beberapa fungsi, terutama kemampuan untuk menambah dan menghapus akun pengguna, dipindahkan secara eksklusif ke aplikasi ini pada Windows 8 dan tidak dapat dilakukan dari Control Panel.

Daftar applet Panel Kontrol

Applet yang tercantum di bawah ini adalah komponen panel kontrol Microsoft Windows , yang memungkinkan pengguna untuk menentukan serangkaian pengaturan untuk komputer mereka, memantau status perangkat seperti printer dan modem, dan mengatur perangkat keras baru, program , dan koneksi jaringan . Setiap applet disimpan secara terpisah sebagai file terpisah (biasanya file .cpl), folder atau DLL , lokasi yang disimpan dalam registri di bawah kunci berikut:

HKLM \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows \ Versi Saat Ini \ Control Panel \ Cpls
Ini berisi lokasi format string dari semua file .cpl pada hard drive yang digunakan dalam panel kontrol.

HKLM \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows \ Versi Saat Ini \ Explorer \ ControlPanel \ Namespace
Ini berisi lokasi variabel CLSID untuk semua panel yang tidak termasuk file cpl. Ini biasanya folder atau applet shell, meskipun Windows Vista memungkinkan program fisik itu sendiri juga terdaftar. CLSID kemudian memungkinkan item seperti ikon, kotak info dan kategori diatur dan memberikan lokasi file yang akan digunakan.

Panel kontrol kemudian menggunakan daftar ini untuk menemukan applet dan memuatnya ke dalam program panel kontrol (control.exe) ketika dimulai oleh pengguna. Selain menggunakan panel kontrol, pengguna juga dapat memanggil applet secara manual melalui pemroses perintah . Misalnya, sintaksis " Control.exe inetcpl.cpl " atau " control.exe / nama Microsoft.InternetOptions " akan menjalankan applet properti internet di Windows XP atau Vista masing-masing. Sementara kedua contoh sintaks diterima pada Windows Vista, hanya yang pertama diterima pada Windows XP.

applet standar
Opsi aksesibilitas (Access.cpl) (kontrol / nama microsoft.easeofaccesscenter)
(Berganti nama menjadi "Kemudahan Akses Pusat" di Windows Vista dan yang lebih baru)
Mengizinkan pengguna mengonfigurasi aksesibilitas PC mereka. Ini terdiri dari berbagai pengaturan terutama ditujukan untuk pengguna dengan cacat atau masalah perangkat keras.
Perilaku keyboard dapat dimodifikasi, ini ditujukan untuk orang yang memiliki kesulitan menekan kombinasi tombol, atau menekan tombol sekali saja. ( StickyKeys , FilterKeys , dan ToggleKeys )
Perilaku suara dapat dimodifikasi. ( SoundSentry dan ShowSounds )
Mode kontras tinggi dapat diaktifkan.
Kursor keyboard dapat disesuaikan.
Pointer dapat dikontrol menggunakan keyboard. ( MouseKeys )
Perhatikan bahwa pada generasi Windows berikutnya, Kemudahan kontrol panel akses menggantikan panel kontrol access.cpl sederhana di versi sebelumnya.

Tambahkan Perangkat Keras Baru (hdwwiz.cpl)

Meluncurkan wizard yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan perangkat perangkat keras baru ke sistem. Ini dapat dilakukan dengan memilih dari daftar perangkat atau dengan menentukan lokasi file instalasi driver.

Tambah atau Hapus Program (appwiz.cpl)
(Berganti nama menjadi "Program dan Fitur" di Windows Vista dan yang lebih baru)

Dialog Tambah / Hapus Program memungkinkan pengguna untuk memanipulasi perangkat lunak yang diinstal pada sistem dalam sejumlah cara;


  1. Mengizinkan pengguna mencopot dan mengubah paket perangkat lunak yang ada, serta menunjukkan berapa banyak ruang yang digunakan masing-masing program dan seberapa sering digunakan.
  2. Mengizinkan pengguna menginstal perangkat lunak secara manual dari CD-ROM atau Floppy Disk , dan menginstal add-on dari Pembaruan Windows.
  3. Mengizinkan pengguna mengubah komponen Windows mana yang diinstal, melalui Wisaya pengaturan Windows, yang mencakup Internet Explorer , Windows Media Player dan Windows Messenger
  4. Akhirnya, ini memungkinkan pengguna untuk menentukan aplikasi default untuk tugas-tugas tertentu, melalui wizard 'set program akses dan default', seperti browser internet, pemutar media dan program email dan apakah akses ke program-program ini tersedia (sejak Windows 2000 Professional Service Pack 3 dan Windows XP Paket Layanan 1)
  5. Alat Administratif (kontrol admintools)
  6. Berisi alat untuk administrasi sistem, termasuk keamanan, kinerja dan konfigurasi layanan. Ini adalah tautan ke berbagai konfigurasi Konsol Manajemen Microsoft seperti daftar layanan lokal dan Peraga Peristiwa .
  7. Pembaruan Otomatis (wuaucpl.cpl)
  8. Ini digunakan untuk menentukan bagaimana klien Pembaruan Otomatis (wuauclt.exe) harus mengunduh pembaruan dari Situs Pembaruan Microsoft , secara default ini ditetapkan untuk mengunduh dan menginstal setiap hari, namun ini dapat diubah ke frekuensi yang lebih cocok. Ini juga memungkinkan pengguna untuk menentukan apakah akan meminta izin sebelum mengunduh dan / atau menginstal pembaruan atau mematikan Pembaruan Otomatis sama sekali. Dihapus di Windows 10
  9. Tanggal dan Waktu (timedate.cpl)
  10. Timedatecon.png
  11. Mengizinkan pengguna mengubah tanggal dan waktu yang disimpan dalam BIOS mesin, mengubah zona waktu dan menentukan apakah akan menyinkronkan tanggal dan waktu dengan Server Waktu Internet dan server mana yang akan digunakan.
  12. Tampilan (kontrol desktop) (desk.cpl)
  13. (Berganti nama menjadi "Personalisasi" di Windows Vista, 7 dan 8.1)

XP Display Properties.pngMengizinkan pengguna mengubah karakteristik tampilan komputer mereka;


  • Mengizinkan pengguna mengubah latar belakang desktop (wallpaper) menjadi gambar pilihan mereka dan menentukan bagaimana itu harus ditampilkan.
  • Mengizinkan pengguna mengubah atau menonaktifkan screensaver , dan menentukan berapa lama untuk mengaktifkan dan apakah akan meminta kata sandi saat melanjutkan
  • Memungkinkan pengguna untuk menentukan gaya warna semua elemen dalam sistem, terutama apakah menggunakan gaya Windows XP / Vista (biru secara default di XP) atau menggunakan gaya Windows 98 / Me klasik, ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah ikon My Computer and Recycle Bin .
  • Mengizinkan pengguna mengubah resolusi layar dan kualitas warna, dan memberikan saran pemotretan masalah untuk tampilan.

Dihapus pada Windows 10 dan dipindahkan ke Pengaturan Aplikasi .

Opsi Folder (folder kontrol) (rundll32.exe shell32.dll, Options_RunDLL 0)

FolderOpt.png

Item ini memungkinkan untuk konfigurasi bagaimana folder dan file disajikan di Windows Explorer . Lebih khusus itu memungkinkan pengguna untuk menentukan pengaturan umum seperti apakah folder terbuka di jendela baru atau jendela yang ada dan apakah panel tugas umum ditampilkan, serta tugas-tugas yang lebih lanjut seperti apakah windows harus menyembunyikan file sistem penting dan apakah akan menunjukkan ekstensi file. Itu juga digunakan untuk memodifikasi asosiasi tipe file di Windows ; yaitu, program mana yang membuka jenis file dan pengaturan lain seperti tindakan untuk setiap jenis file dan ekstensi file.

Font (font kontrol)

Menampilkan semua font yang diinstal pada komputer. Pengguna dapat menghapus font, memasang font baru atau mencari font menggunakan karakteristik font. Perhatikan bahwa "explorer \ Windows \ Fonts" memiliki efek yang sama. Ini masih ada pada Windows 10, tetapi ada halaman serupa di Pengaturan mulai dari Pembaruan Windows 10 April.
Opsi Internet (inetcpl.cpl)

Inetcon.png

Mengizinkan pengguna mengubah cara komputer mengelola koneksi internet dan pengaturan browser untuk Internet Explorer , ia memiliki beberapa tag yang menetapkan atribut yang berbeda;
Umum - Ini menentukan beranda dan skema warna dan memungkinkan pengguna untuk menghapus riwayat penggunaan internet.

Keamanan & Privasi - Ini menentukan apakah komputer harus mengizinkan situs web untuk melakukan proses tertentu dan mengunduh cookie , panel ini juga memberikan akses ke pemblokir pop-up bawaan ( Windows XP SP2 dan yang lebih baru) dan kontrol phishing ( Internet Explorer 7 ).

Konten - Memungkinkan kontrol orangtua dan pelengkapan otomatis dikonfigurasi dan juga menentukan cara menangani sertifikat .

Koneksi, Program dan Tingkat Lanjut - Ini memberikan akses ke aspek lain dari pengaturan internet seperti koneksi modem default dan klien email , pengaturan proxy dan konfigurasi lanjutan lainnya.
Game controller (joy.cpl) (control / name microsoft.gamecontrollers)

Gcontroller.png

Mengizinkan seseorang menambah, menampilkan, memecahkan masalah, dan menggunakan pengaturan lanjutan pada joystick dan pengontrol game dan terhubung ke jenis pengontrol game lainnya.

Pindah ke aplikasi Pengaturan pada Pembaruan Ulang Tahun Windows 10.

Keyboard (keyboard kontrol) (main.cpl)
Memungkinkan pengguna mengubah dan menguji pengaturan keyboard, termasuk kursor kursor dan laju pengulangan tombol.

Mail (mlcfg32.cpl) (mlcfg.cpl)

Mail memungkinkan konfigurasi klien email di Windows. Microsoft Outlook Express tidak dapat dikonfigurasi dengan item ini; itu dikonfigurasi melalui antarmuka sendiri. mlcfg.cpl digunakan untuk aplikasi Office 64 bit yang pertama kali tersedia dengan rilis Office 2010.
Mouse (mouse kontrol) (main.cpl)

Mousecon.png

Mouse memungkinkan konfigurasi opsi penunjuk, seperti klik dua kali dan kecepatan gulir, dan termasuk opsi visibilitas seperti apakah menggunakan jalur penunjuk dan apakah penunjuk harus menghilang saat mengetik. Ini juga memungkinkan pengguna untuk menentukan tampilan pointer untuk setiap tugas, seperti mengubah ukuran dan sibuk.
Koneksi Jaringan (kontrol koneksi internet)
(ncpa.cpl)

Networkconn.png

Menampilkan dan memungkinkan pengguna untuk mengedit atau membuat koneksi jaringan seperti Local Area Networks (LAN) dan koneksi internet . Ini juga menawarkan fungsi pemecahan masalah jika komputer harus dihubungkan kembali ke jaringan.

Opsi Telepon dan Modem (telephon.cpl)
Mengelola koneksi telepon dan modem .
Opsi Daya (powercfg.cpl)

PowerCon.png

Termasuk opsi untuk mengelola konsumsi energi seperti;
Tentukan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mematikan display dan hard drive dan berapa lama yang dibutuhkan sistem untuk masuk ke siaga , jika ada.
Untuk memutuskan apa yang harus dilakukan ketika tombol hidup / mati komputer ditekan, seperti apakah akan dimatikan atau untuk masuk ke siaga.
Apakah mengizinkan Hibernasi (beberapa sistem menjadi tidak stabil saat memulai ulang).
Mengizinkan pengguna mengonfigurasi UPS (jika ada).
Sejak Windows Vista, opsi daya tersembunyi tambahan tersedia untuk fitur daya fine tuning.
Printer dan Faks (printer kontrol) (control / name microsoft.devicesandprinters)
Menampilkan semua printer dan faks yang saat ini diinstal pada komputer, dan memiliki dua kegunaan utama;
Pertama, ini menunjukkan semua pekerjaan yang di-antri untuk setiap printer, ukuran file dan status dari masing-masing pekerjaan, dan di mana pengguna berada, itu juga memungkinkan setiap pekerjaan dijeda, dibatalkan atau dipindahkan ke atas atau ke bawah daftar.
Kedua, ini memungkinkan pengguna untuk mengatur preferensi pencetakan atau faks, seperti ukuran dan kualitas kertas melalui panel preferensi pabrikan sendiri dan juga menentukan cara berbagi printer di jaringan komputer , driver perangkat , port , dll.

Pengaturan Regional dan Bahasa (intl.cpl) alias Opsi Regional dan Bahasa
Berbagai pengaturan regional dapat diubah, misalnya:
Cara nomor ditampilkan (misalnya pemisah desimal ).

Bagaimana nilai mata uang ditampilkan, termasuk simbol mata uang .

Notasi waktu dan tanggal, seperti pemisah tanggal dan apakah jam harus dalam 12 atau 24 jam.

Lokasi budaya komputer pengguna (Zona waktu diatur dalam Tanggal dan Waktu ).

Bahasa;

Bahasa masukan.
Layout keyboard (pemetaan antara sapuan tombol dan karakter).

Bahasa tampilan untuk Menu dan Kotak Dialog .

Apakah file yang diperlukan untuk dukungan bahasa Asia harus diinstal?
Halaman kode yang diinstal.
Dihapus di Pembaruan Windows 10 April

Pusat Keamanan atau Pusat Tindakan (Windows 7 & 8.x) (wscui.cpl)
Berganti nama menjadi "Keamanan & Pemeliharaan" di Windows 10
Pertama kali ditambahkan di Windows XP dengan Paket Layanan 2, Pusat Keamanan memberi pengguna akses ke komponen keamanan Windows bawaan, serta memberikan informasi tentang perangkat lunak antivirus apa pun yang ada seperti McAfee atau Zone Alarm . Ini termasuk akses ke Pembaruan Windows , di mana pengguna dapat menentukan apakah komputer harus memeriksa pembaruan secara teratur (juga tersedia melalui panel Pembaruan Windows), dan opsi untuk mengelola pengaturan keamanan internet. Ini juga termasuk tautan ke artikel internet tentang keamanan PC dan ancaman virus saat ini dan memberi tahu pengguna ketika keamanan PC terganggu.

Perangkat Suara dan Audio (mmsys.cpl)
SoundAudiocon.png
Panel ini berisi berbagai fungsi terkait audio;

Ubah volume dan jenis speaker dan tentukan apakah akan menampilkan ikon volume di area notifikasi.
Ubah suara yang dimainkan untuk sistem atau program tertentu ketika suatu peristiwa tertentu terjadi, yaitu Startup Windows atau Stop Kritis.
Ubah perangkat default untuk pemutaran musik, rekaman, pengenalan suara, MIDI dll.

Ubah pengaturan kartu Suara dan apakah akan menggunakan akselerasi Perangkat Keras .

Tampilkan perangkat audio yang diinstal pada komputer, dan memungkinkannya untuk dikonfigurasi.

Pidato (Sapi.cpl)
Applet ini memiliki dua fungsi utama, yang pertama adalah menetapkan pengaturan untuk sintesis Pidato , yang memungkinkan pengguna untuk memilih suara yang harus digunakan komputer untuk menarasikan teks dan seberapa cepat ia harus membaca. Yang kedua adalah menentukan pengaturan untuk pengenalan Pidato , yang memungkinkan pengguna untuk mengatur profil yang berbeda merinci bagaimana komputer harus berurusan dengan dialek individu, misalnya;

Jumlah kesalahan tata bahasa dalam suara seseorang (sensitivitas ketepatan waktu).
Kecepatan di mana orang itu berbicara, dan waktu tunda antara kata-kata.
Ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses panduan pelatihan pengenalan suara, di mana seseorang 'mengajar' komputer untuk mengenali suara seseorang secara interaktif menggunakan mikrofon.

Sistem (Sysdm.cpl)
Ini digunakan untuk melihat dan mengubah pengaturan sistem inti, misalnya pengguna dapat:

Menampilkan informasi umum tentang mesin pengguna seperti jumlah RAM , kecepatan dan jenis CPU , versi Windows yang digunakan sistem dan pabrikannya.
Edit nama komputer dalam kelompok kerja jaringan.

Kelola dan Konfigurasi perangkat perangkat keras, dan lihat informasi seperti pabrikan, akses pengguna dan versi driver perangkat perangkat keras apa pun yang diinstal pada sistem melalui Pengelola Perangkat .

Aktifkan / Nonaktifkan fitur sistem seperti pembaruan otomatis dan pemantauan Pemulihan Sistem.
Tentukan fitur-fitur canggih seperti log kinerja, pengaturan memori virtual dan profil roaming.

Taskbar dan Start Menu (rundll32.exe shell32.dll, Options_RunDLL 1)
Mengizinkan pengguna mengubah perilaku dan tampilan bilah tugas dan Mulai Menu ;
Menentukan apakah akan menggunakan gaya Windows XP / Vista atau Klasik 9x / Me di bilah tugas dan menu mulai.
Apakah bilah tugas harus Sembunyikan Otomatis.

Apakah akan menampilkan jam di area notifikasi .
Mengizinkan pengguna mengelola ikon baki.
Opsi lanjutan seperti apakah menampilkan Printer & Faks di menu mulai dan apakah akan menampilkan Dokumen Saya sebagai menu atau sebagai tautan ke jendela baru.
Pindah ke Pengaturan Aplikasi pada Windows 10 , tetapi pintasan masih ada. Mengkliknya mengambil di Pengaturan Aplikasi .

Akun Pengguna (nusrmgr.cpl)
Ini memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi akun mereka dan akun lain yang digunakan dalam sistem, jika mereka memiliki hak yang memadai. Mereka dapat mengubah nama pengguna dan kata sandi , gambar mereka (jika diaktifkan) dan paspor .net mereka. Jika pengguna saat ini memiliki akun administrator , mereka juga dapat menambah, menghapus, dan memodifikasi akun pengguna lain serta membuat perubahan pada pengaturan sistem inti. Panel ini juga menentukan apakah akun tamu harus aktif dan apakah akan menggunakan layar Selamat Datang saat Windows dimuat.

perangkat periferal
Ini adalah opsi di panel kontrol yang menunjukkan perangkat yang terhubung ke komputer. Mereka sebenarnya tidak menawarkan antarmuka langsung untuk mengontrol perangkat-perangkat ini, melainkan menawarkan tugas-tugas dasar seperti prosedur penghapusan dan tautan ke penyihir (Pengecualian untuk printer & faks).

Applet seperti itu meliputi:

Pemindai dan Kamera
Pengontrol Game
Perangkat Media Portabel
Applet yang didistribusikan Microsoft lainnya
Perangkat Biometrik (biocpl.dll)
Tersedia dengan sistem yang mendukung Sidik Jari yang menjalankan 7 atau lebih baru, ini memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi pembaca Sidik Jari, menampilkan daftar semua perangkat Biometrik yang berinteraksi dengan sistem, di samping item-item berikut;
Mengizinkan pengguna mengubah data sidik jari.
Mengizinkan pengguna mengubah perilaku pada sidik jari yang terdeteksi.
Pindah ke Pengaturan pada Windows 10 .

Perangkat Bluetooth (bthprops.cpl)
Tersedia dengan sistem berkemampuan Bluetooth yang menjalankan XP SP2 atau lebih baru, ini memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi koneksi Bluetooth, menampilkan daftar semua perangkat Bluetooth yang berinteraksi dengan sistem, di samping item-item berikut;

Mengizinkan pengguna membuat Port COM 'virtual' yang masuk dan keluar, yang memungkinkan perangkat memiliki koneksi khusus ke sistem.

Mengizinkan pengguna menentukan karakteristik Bluetooth umum seperti apakah komputer dapat ditemukan dan nama komputer yang disiarkan.
Pindah ke Pengaturan pada Windows 10 .

Warna (color.cpl)
Memungkinkan kontrol pengaturan warna yang lebih maju dalam Windows daripada yang tersedia di 'display', cocok untuk pengembang dan spesialis visual yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memuat profil warna yang sesuai dengan Konsorsium Warna Internasional , mengaitkan warna layar dengan printer dan kamera dan melihat grafik 3D plot gamut warna. Secara default applet ini tidak diinstal, namun dapat diinstal secara gratis dari Situs Web Microsoft .

Infra merah (irprops.cpl)
Mirip dengan applet Bluetooth, ini digunakan untuk mengkonfigurasi bagaimana komputer mengelola setiap port inframerah nirkabel yang diinstal, termasuk opsi seperti konektivitas dan keamanan.

Lokasi dan Sensor Lainnya (SensorsCpl.dll)
Mengelola data berbasis lokasi seperti alamat dan sensor berbasis lokasi lainnya. Hanya tersedia di Windows 7 & 8.x.
CSNW (nwc.cpl).

Layanan Klien untuk applet NetWare digunakan untuk memilih pohon dan konteks default dalam lingkungan Novell Directory Services (NDS), atau server NetWare paling sering digunakan dalam lingkungan non-NDS.

Persyaratan: Menginstal Layanan Klien untuk NetWare.

Penjelajah Perangkat Lunak
Bagian dari Windows Defender , memungkinkan pengguna untuk melihat informasi terperinci tentang perangkat lunak yang sedang berjalan di komputer yang dapat memengaruhi privasi pengguna atau keamanan komputer.
Digantikan oleh Windows Defender Security Center pada Windows 10 .

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon