Saturday, October 26, 2019

ALAT UNTUK MENGHUBUNGKAN KE INTERNET

Alat Untuk Menghubungkan Ke Internet

ALAT UNTUK MENGHUBUNGKAN KE INTERNET

Rachtroper-Hallo sobat semuanya, Kali ini admin akan membahas seputar Alat yang biasa digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet. Di zaman modern seperti sekarang ini Internet bukanlah hal yang baru lagi, karena hampir semua orang pernah menggunakannya.

Maka daripada itu orang-orang banyak yang mencari alat yang bagus untuk menghubungkan perangkat mereka ke internet. 

Alat untuk menghubungkan ke internet sebenarnya sudah banyak di produksi di dunia ini, nah penasaran alat apa saja yang digunakan untuk menghubungkan ke internet? Simak ulasannya yuk...

Alat untuk menghubungkan ke internet adalah modem

ALAT UNTUK MENGHUBUNGKAN KE INTERNET

Modem (singkatan dari modulator demodulator) adalah salah satu perangkat keras komputer. Modem digunakan untuk berkomunikasi antar komputer yang jauh, termasuk untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

Modem memiliki dua proses utama dalam fungsinya yaitu:

Modulasi: mengubah data digital dari komputer ke data analog untuk dikirim melalui saluran telepon, kabel fiber optik atau secara wireless dengan gelombang radio.
Demodulasi: mengubah data analog yang diterima kembali menjadi data digital yang akan digunakan oleh komputer.
Modem diklasifikasikan berdasarkan jumlah data yang dapat mereka kirimkan dalam waktu tertentu, biasanya diukur dalam bit per detik (disingkat bps). Semakin cepat data yang dapat dikirimkan, maka semakin cepat pula koneksi internet dari komputer.

Modem juga diklasifikasikan berdasarkan metode koneksi yang digunakan. menjadi Modem dial-up ( jenis yang biasa di abad ke-20), modem DSL dan modem TV Kabel sekarang lebih banyak digunakan.

Modem yang terhubung ke komputer dengan kabel disebut modem eksternal. Modem yang berada di dalam komputer adalah modem internal.  

HUB/SWITCH

ALAT UNTUK MENGHUBUNGKAN KE INTERNET

 SWITCH/HUB adalah sebuah perangkat atau alat yang menyambungkan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation(client) yang ada, server maupun perangkat lainnya. Dalam topologi star, kabel UTP (bisa juga menggunakan kabel lainnya seperti TP), datang dari sebuah workstation yang dihubungkan kedalam hub. Hub memiliki banyak slot concentrator yang dapat dipasang atau dihubungkan berdasarkan menurut nomor port dari card yang dituju.

BRIDGE
ALAT UNTUK MENGHUBUNGKAN KE INTERNET

Bridge adalah suatu alat yang bisa menghubungkan jaringan komputer jenis LAN (Local area Network) dengan jaringan LAN yang lainnya. Bridge juga bisa menghubungkan tipe jaringan komputer yang berbeda-beda (misalnya kayak Ethernet & Fast Ethernet), ataupun tipe jaringan yang serupa atau sama.

KABEL RJ
ALAT UNTUK MENGHUBUNGKAN KE INTERNET

RJ Merupakan singkatan dari Register Jack yang berarti standard peralatan pada jaringan komputer yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking). Salah satu kabel RJ yang sering digunakan adalah RJ45, dan RJ11 menurut saya.

Oke itulah tadi beberapa alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet. Alat untuk menghubungkan ke internet yang admin post hari ini mungkin belum lengkap, silahkan browsing lagi ya hehe...

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Topik Artikelnya
EmoticonEmoticon