Beberapa Bug DI Wordpress 2020

Bug Yang Ada Di Wordpress 2020

Beberapa Bug DI Wordpress 2019

Rachtroper- Hallo sobat semua, di artikel kali ini admin mau share beberapa bug terbaru yang ada di wordpress. Nah bug ini sudah ditemukan oleh beberapa hacker di dunia ini termasuk di indonesia, ada bug yang sudah terkenal di mata para hacker dan ada yang baru.

di artikel kali ini admin tidak membahas bagaimana caranya menemukan bug tersebut, akan tetapi admin hanya menjelaskan bug itu saja. karena admin tahu betapa susahnya menjaga keamanan suatu web hehehe...

perlu admin jelaskankah pengertian dari bug? hmm oke kita bahas sedikit apa itu bug. oke Bug adalah error yang telah terjadi di bagian source code yang menyebabkan output jadi tidak pas dengan yang telah di planning kan oleh sobat. Artian ini memiliki sifat “mengganggu” serta berpotensi mengakibatkan kerugian yang besar.

Sudah Banyak orang yang menyatakan bahwa bug hanya akan menimbulkan error / kerusakan yang kecil saja, tapi pada faktanya tentu bisa saja berbeda. Banyak juga kejadian yang telah merugikan seseorang atau perusahaan akibat adanya bug itu, dan salah satu contohnya ada di tahun 1996, sebuah roket yang seharga $1.000.000.000 dollar yang diberi nama Ariane 5 hancur beberapa detik setelah melakukan peluncuran akibat adanya bug yang diduga ada pada program kendali onboard computer di roket itu.

Bug juga merupakan suatu kecacatan desain yang ada pada Hardware (Perangkat Keras) atau Software (Perangkat lunak) yang dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan di peralatannya atau programnya, dan mengakibatkan program itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bug pada umumnya berada pada software (perangkat lunak), bukan pada hardware (perangkat keras).

Nah diatas merupakan pengertian singkat dari Bug pada program, silahkan dibaca dan dipahami. Jika sudah paham lanjut ke pembahasan utama pada artikel kali ini, yaitu Bug yang ssring terjadi pada wordpress. Berikut penjabarannya:

1. Bug pada file setup-config.php (V3.3.1)

Setelah selesai di release pada 12 Desember 2011 lalu, wordpress versi yang ini ternyata masih ada banyak bug yang belum diketahui oleh kita. Dengan adanya bug yang banyak tersebut, web wordpress yang kita miliki tentu akan sangat mudah untuk diretas oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab tentunya. 

Hmm sebenarnya sih wordpress ahli dalam masalah kayak gini, akan tetapi gatau kenapa pada versi yang ini ada banyak bug atau celah-celah yang bisa di Exploit oleh para hacker, dan dimasuki oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab.

Disini admin akan membagi sedikit informasi bug tersebut, file apa saja yang mudah di masuki oleh para hacker itu.

Berikut ini adalah contoh filenya :
domainxx.com/wp-admin/setup-config.php


Salah satu cara buat mengatasinya adalah silahkan sobat login terlebih dahulu pada cPanel hosting milik sobat, lalu silahkan buat file di folder wp-admin berikan nama .htaccess lalu sobat ketikkan script berikut ini:


 hapus spasi dan * sebelum huruf "F" lalu tambahkan "/" sebelum F di akhir

<* Files setup-config.php>
order allow,deny
deny from all
<* Files>


Tujuan dari script di atas adalah me-reindex file yang dianggap bug(cacat) pada blog milik kita.

Nah Setelah sobat menambahkan file itu tentunya masih ada beberapa file yang harus sobat hapus yaitu :


install.php ==>  pada wp-admin

readme.php ==> pada public_html

2. Syntax Error pada WordPress

Beberapa Bug DI Wordpress 2019

Untuk sobat yang gemar melakukan perubahan di wordpress terutama pada pluginnya maulun themenya dianjurkan agar berhati-hati, ya karena bisa menyebabkan error syntax WordPress ini terjadi hmm karena adanya beberapa script codingnya hilang ditelan bumi dan mengakibatkan fungsi yang semestinya berjalan sesuai harapan malah tidak bekerja dengan sempurna.

Solusi yang bisa admin berikan adalah sobat bisa membaca pesan error yang sudah ditampilkan pada line/baris yang terletak dinomor berapa script coding yang ada permasalahannya. Untuk lebih memudahkan penyelesaian script coding tersebut sobat bisa menggunakan text editor kayak notepad++, sublime atau software sejenis yang nyaman tentunya ketika sobat melakukan pembenahan scriptnya hehe.

 Jika sobat kurang  scribisa menguasai script codingnya, hmm silahkan sobat bertanya diforum atau sobat juga bisa meminta bantuan ke tim support hosting yang sobat gunakan.

3. Error Pada Establishing a Database Connection

Error establishing a database connection ini sebenarnya terjadi karena koneksi database yang sedang bermasalah karena adanya orang ketiga hehe, sehingga membuat komunikasi antara database dengan si file PHP jadi kacau bak kapal pecah(kalau ada hehe). Penyebab utamanya sih biasanya dari database yang corrupt(rusak, cacat), login credential yang salah, pluginnya yang bermasalah dan bisa juga pada server hosting yang sedang mengalami down. Untuk solusinya sebenarnya cukup mudah, sobat hanya perlu log-in ke cPanel milik sobat lalu cek DB_NAME dan DB_USER pastikan sudah sama.

4. Error 403 Forbidden

Error 400 – 499 yang terjadi di WordPress sebenarnya karena masalahnya ada pada client error.  Hmm penyebab utamanya sih berasal dari permission file atau biasa disebut folder bermasalah. Penyebab lainnya biasanya yang sering mengakibatkan pesan error 403 yaitu dari file .httaccess atau bisa juga sih dari plugin WordPress yang bermasalah.

5. Pesan 502 BAD GATEWAY

Admin pernah baca artikel dari Wikipedia sih, Menurut penjelasan yang admin dapat dari Wikipedia, Pesan Error 502 Bad gateway katanya terjadi dikarenakan adanya gateway atau proxy yang menerima respon tidak valid dari servernya. Jadi saat sobat sedang browsingan nih mengunjungi sebuah website di pencarian(jangan yang aneh-aneh ya hehe), browser sobat akan mengirimkan request ke web server hostingnya, lalu akan diproses  dan dikirimkan lagi ke sobat. Nah Jika proses ini failed maka akan muncul pesan peringatan error 502 Bad Gateway.

Cara yang bisa sobat gunakan untuk mengatasinya adalah dengan clear cache, cek DNS, Mematian CDN dan lain sebagainya.

6. Error 503 Service Unavailable

Error 503 ini biasanya sih ditemui tidak hanya pada WordPress saja, error ini juga bisa ditemui oleh sobat pada website atau blog. Pesan error ini sebenarnya terjadi karena saat sobat sedang mengakses suatu file akan tetapi server dan halaman yang dicari tidak bisa ditemukan pada servernya. Hmm Penyebab utamanya sih biasanya dari script yang bermasalah, servernya lagi down, tema atau plugin bermasalah dan bisa juga webnya kena serangan DDoS yang bisa mengakibatkan server error tidak dapat dijangkau hehe.

7. Connection Time Out Error

Sebenarnya Hampir mirip dengan pesan error 503 service unavailable, connection time out error ini  karena biasanya sih terjadi pada konfigurasi server yang bermasalah maupun server sedang overload dikarenakan banyaknya user yang mengakses. Salah satu cara untuk mengatasinya sobat bisa meningkatkan atau upgrade spesifikasi server yang lebih tinggi sehingga semua traffic yang datang bisa diproses oleh server dengan baik. Hmm Selain itu juga sobat tentunya perlu memeriksa plugin WordPress yang membuat berat dan menghabiskan resource besar pada server.

8. White Screen Error (Blank Putih)

White screen error ini biasanya terjadi karena memori yang tersedia di servernya sudah overload atau dari theme dan plugin yang sedang bermasalah. Tapi Biasanya masalah ini juga terjadi setelah sobat melakukan WordPress update ke versi yang terbaru pada waktu itu. Solusinya sih yang bisa sobat gunakan adalah cobalah untuk menonaktifkan plugin dan juga theme WordPressnya. Selain itu juga cobalah untuk menaikan limit PHP WordPressnya agar memori bisa menjadi lebih besar dari sebelumnya.

9. Tidak Bisa Login Ke Administrator

Penyebab utamanya ya bisa jadi akun WordPressnya kena hacking orang  hehe sehingga username dan passwordnya sudah diganti sama si hackernya. Untuk mencegah hal tersebut sobat tentunya harus merubah URL login WordPressnya. URL default WordPress biasanya itu namadomain.com/wp-admin dengan mengganti url custom sesuai dengan yang sobat inginkan maka tentunya lebih aman dari serangan hacking.

Nah itulah tadi 9 bug atau pesan error yang biasanya terjadi pada wordpress. Jika sobat menemukan salah satunya silahkan secepat mungkin untuk fix bug atau error tersebut, jika menemukannya pada wordpress orang lain alangkah baiknya untuk mengirim pesan ke adminnya untuk segera memperbaiki bug wordpress tersebut jangan malah di hack hehe...

Oke cukup sekian ya sobat sampai jumpa di artikel selanjutnya
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal