Pengertian Hardisk Beserta Fungsi Dan Cara Kerjanya

Pengertian Hardisk Beserta Fungsi Dan Cara Kerjanya


Pengertian Hardisk Beserta Fungsi Dan Cara Kerjanya

Hard drive juga disebut hard disk drive (HDD), hard drive, disk drive atau disk yang tetap. Anda harus sudah mengetik familiar mendengar nama perangkat karena perangkat ini dapat dengan mudah ditemukan pada semua jenis komputer dan server.

Dan pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang pengertian dari hard drive yang lengkap, fungsi hard drive, komponen serta cara kerja hard disk.

Hard drive adalah salah satu perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Hard drive adalah jenis memori komputer yang memiliki memori non-volatile yang berarti bahwa data pada memori jenis ini tidak akan hilang bahkan jika perangkat dimatikan. Berbeda dengan media penyimpanan RAM yang hanya menyimpan data untuk perangkat tidak memiliki kekuatan.


memahami hard drive

Hard drive pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956, yang kemudian menjadi standar penyimpanan untuk penggunaan komputer umum pada tahun 1960. Sampai saat ini, bahkan perangkat hard drive masih bisa dominan sebagai perangkat penyimpanan untuk komputer pribadi dan untuk server.

Yang menjadi pesaing utama pada hard drive perangkat ketika perangkat penyimpanan disebut Solid-state drive (SSD) yang menyimpan kecepatan penawaran atau membaca data lebih cepat, penggunaan daya yang lebih kecil, dan lebih banyak keuntungan. Untuk lebih jelasnya anda bisa baca postingan saya sebelumnya tentang pengertian SSD bersama dengan kekurangan dan kelebihan.

Fungsi Hard Drive
Sebuah besar kapasitas memori hard disk pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Data yang disimpan seperti sistem operasi (Windows, Linux), perangkat lunak (browser, kantor, dll) serta data pribadi Anda (dokumen, foto, lagu, dll).

Hard Drive hadir dengan berbagai ukuran kapasitas yang mampu menyimpan hingga miliaran byte. Biasanya semakin besar kapasitas hard drive, menurunkan kecepatan RPM-nya (rotate per menit). RPM kecepatan rotasi di sini mengacu pada jangka waktu satu menit dilakukan dengan salah satu komponen dari disk yang disebut piring-piring. Setiap disk memiliki kecepatan rotasi yang bervariasi tergantung pada jenis hard drive, namun kecepatan yang banyak digunakan saat ini adalah 5.400 rpm.

Komponen pada Hard Drive

Fungsi disk dan bagaimana bekerja keras

Drive terdiri dari beberapa konstituen sehingga mereka dapat berfungsi dengan baik. Adapun komponen yaitu:

1. Platter

Platter terbuat dari bahan keras seperti aluminium, kaca atau keramik yang kemudian ditutupi dengan bahan magnetik yang berfungsi untuk menyimpan data dikomputer Anda. Sebuah besar kapasitas hard disk platter biasanya dilengkapi dengan lebih dari satu, disusun ditumpuk di tengah poros.

2. Spindle
Spindle adalah komponen yang berfungsi untuk menahan piring untuk tetap berada di posisi saat piring diputar. Selain poros ada juga motor berfungsi untuk memutar piring dengan kecepatan tinggi.

3. Baca / tulis kepala
Membaca / menulis kepala adalah komponen yang digunakan untuk membaca, menulis atau menghapus data pada piring. Ada satu kepala di setiap sisi piring, satu sisi dari fungsi di atas untuk membaca dan satu sisi bawah untuk menulis. Dalam hal nya fungsi membaca / menulis kepala didukung oleh lengan aktuator.

lengan aktuator 4. Baca / tulis
Baca / tulis lengan aktuator bertindak seperti lengan pada jenis pemutar musik pertama. lengan ini berfungsi untuk mengatur posisi membaca / menulis kepala sesuai dengan data lokasi yang akan menulis pola.

Cara Kerja Keras

Memahami Hard Drive dan Cara Kerja Keras

Pada disk ada yang disebut piring komponen yang terdiri dari bahan magnetik dibagi menjadi miliaran daerah yang sangat kecil. Masing-masing daerah dapat diberikan kekuatan magnet (untuk menyi
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment