Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

TIPS MEMILIH LAPTOP

TIPS MEMILIH LAPTOP

Rachtroper-Yo sobat sitier, di zaman yang modern dan canggih seperti yang kita rasakan saat ini memang rasanya kurang lengkap jika kita belum punya alat-alat yang canggih, seperti Smartphone,Komputer,Laptop,Router,Access Point',Smartwatch, dan alat-alat canggih lainnya hehe...

Nah admin bakalan bahas seputar laptop, hmm lebih tepatnya akan membahas tips yang pas untuk memilih sebuah laptop untuk keperluan sobat tentunya.

Admin tidak perlu menjelaskan pengertian tentang laptop kan? Hehe... Yakali sobat sitier tidak faham apa itu laptop, seperti apa bentuknya,lalu buat apa sih laptop, iya kan gak mungkin banget kan? Hehe...

Biasanya sobat langsung faham kalau hal begituan ketika menginjak SMP/SMA, jadi tidak perlu repot-repot admin jabarkan hehe...

Ngomong-ngomong soal sekolah tentunya butuh yang namanya laptop terutama SMK yang bergelut di jurusan teknologi seperti RPL & TKJ, nah kebetulan admin mau membahas tips memilih laptop yang pas untuk keperluan sekolah sobat.

Jadi sebelum sobat hendak membeli laptop baca dulu tipsnya ya hehe

Yups yuk kita bahas tips nya yang pas banget untuk memilih sebuah laptop, Gaskan bang hehe...

1. Membeli Baru Atau 2nd(Bekas pakai atau tangan selain ke-1)

Sesuai dengan tips yang pertama, sobat tentunya harus memilih hendak membeli laptop yang baru atau yang sudah pernah dipakai oleh orang lain sebelumnya biasa disebut 2nd(second atau seken hehe).

Jika sudah membuat sebuah keputusan  untuk membeli yang mana maka sobat perlu menyesuaikan dengan uang sobat miliki, jangan melawati jumlah uang yang sobat punya ketika membeli laptop, kalau bisa cari yang harganya dibawah uang yang sobat bawa.

Lanjut ke tips yang kedua.

2. Menentukan Ukuran Laptop Yang Hendak Di pilih

Nah jika sudah menentukan memilih laptop baru atau bekas pakai, maka sobat perlu menentukan ukuran laptop yang akan menjadi doi sobat nantinya hehe...

Ukuran laptop di zaman sekarang bervarian sobat, jadi sobat perlu berfikir lagi untuk menentukan ukurannya, ada beberapa ukuran laptop yang admin ketahui:
11-12 inch (1.8kg, cocok untuk sekolahan).
13-14 inch (layarnya agak besar dari yang diatas).
15 inch ( biasanya ada di toko yang menjual laptop, walaupun lega sih layarnya, tapi sering dipakai oleh para mahasiswa).
17-18 inch ( nah cocok buat para gamer maupun editor, 2kg).

3. Keyboard Dan Touchpad

Nah yang ini juga perlu di perhatikan oleh sobat ya. Karena ini menjadi alat tempur utama sobat nantinya hehe, bisa di bayangkan jika laptop yang sobat beli memiliki spesifikasi tinggi tapi tidak bisa di pasang keyboard atau keyboard nya rusak hehe...

Nah kalo untuk Keyboard saran admin sih:

1.Ketika sobat menekan keyboard nya maka tombol tersebut bisa kembali seperti semula dengan cepat.
2.Tidak terjadi salah perintah ketika ditekan, misalnya menekan huruf "F" maka seharusnya yang muncul di layarnya adalah huruf "F" bukan huruf "U", "C" dan anu sudahlah hehehe....
3.Jarak antar tombol tidak terlalu jauh.
4.Ketika sobat menekannya sobat bisa nyaman sama tombolnya hehe...

Nah untuk touchpadnya:

1.Keakuratan touchpadnya terbilang mantul abis
2.Sensitivitasnya tinggi.

4. Komponen Yang Terpasang Di laptopnya

Nah untuk yang ini tentunya sangat penting sobat, karena akan menentukan kehebatan laptop yang akan sobat beli nantinya.

Tentunya sobat perlu tahu tentang komponennya, ya walau sedikit jadilah hehehe...

Laptop juga memiliki beberapa bagian yang penting didalamnya, terdapat prosesor, Hardisk, RAM, VGA dan lainnya. Semua bagian itu merupakan salah satu penunjangnya dari kinerja setiap laptop yang ada. Semua komponen tersebut bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan sobat.

Salah satu Komponen utama dari laptop adalah prosesor. Prosesor adalah otaknya dari setiap laptop yang ada .Prosesor juga mempunyai banyak variannya, dari yang termurah hingga yang termahal. Prosesor setahu admin sih hanya ada 2 merk ternama dan terkenal yaitu Intel Corporation dan AMD. Kedua merk terkenal ini memang sudah sewajarnya saling beradu kualitas terutama di bidang hardware.

Kedua prosesor ini tentunya dan sudah jelas punya karakter dan harga yang berbeda. Prosesor Intel memang lebih mahal sih dari prosessor AMD, akan tetapi performa dari keduanya menurut admin sih tidak jauh berbeda. Dan Kedua merk tersebut juga bersaing di bidang RAM maupun VGA Card.

5. Garansi Dan Customer Service

Garansi juga penting karena, bisa menjadi bonusan untuk pembeli, misalnya saja sobat menabung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lalu sobat hendak beli sebuah laptop idaman aduhai, eh gataunya barang itu rusak.

Nah sobat jadi galau karena laptopnya tidak memiliki sebuah garansi, maka tidak bisa di ganti atau di perbaiki secara gratis hehe...

Eitss tapi garansi saja belum 100% cukup, justru garansi hanya 40% saja bonusnya, yang 60% justru Customer Service karena bisa jadi penentu minat kita nanti untuk ke toko itu lagi atau tidak.

Beli laptop ada garansinya tapi pelayanan sang pegawai buruk, suka bohong, dan sebagainya. Berpengaruh bukan?. Jadi tentukan toko pilihan sobat ya.

6. Sistem Operasi

Nah ini juga penting karena sistem operasi adalah nyawanya si laptop, jadi sobat perlu fikirkan sistem operasi apa yang hendak sobat pakai.

Ada yang open source dan ada juga yang close source, misalnya windows dan Linux. Saran admin sih Linux karena lebih nyaman aja hehehe... Tapi untuk pelajar sebaiknya windows lebih familiar untuk pemula.

Silahkan membeli laptop yang sesuai dengan sobat ya, jangan sampai sobat memilih sebuah keputusan yang menyebabkan penyesalan di akhir atau setelah mendapatkan keputusan itu hehe..
DONASI Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.siti-code.net/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment

covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal